Kamis, 05 Mei 2016

Trik Menghafal Menyenangkan Menggunakan "Metode Plesetan"


Apa ada di antara para pembaca yang seorang pelajar? Apa ada di antara pembaca yang susah mengingat materi-materi pelajaran? Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan artikel mengenai bagaimana mengingat materi-materi pelajaran di sekolah dengan sangat mudah. Metode ini disebut dengan “Metode Plesetan”. Penasaran? Mari kita bahas dengan lebih mendalam.

Dalam bukunya “How to Develop Super Power Memory”, Harry Lorrayne mengemukakan mengenai unsur-unsur penting dalam mengingat sesuatu. 

1. Imajinasi. Imajinasi berarti pembayangan. Dalam hal meningkatkan memori, maka imajinasi tersebut mesti seabsurd mungkin, penuh imajinasi, berlebih-lebihan dan berukuran jauh lebih “BESAR” dibanding ukuran aslinya. 

2.   Link. Link yang berarti ikatan, rantai, hubungan, asosiasi yang berarti ketika kita ingin mengingat sesuatu kita harus menghubungkannya. Membuat rantai imajinasi antara 2 objek atau lebih.

Bingung? Mari kita beri contoh. Ada yang tahu ibukota Mexico? Yap, betul. Ibukota Mexico adalah New Mexico. Mengingat ibukota Mexico lumayan mudah. Hal ini dikarenakan nama mereka yang mirip. Ini seperti betapa mudahnya kita mengingat bahwa Jambi beribukotakan Jambi dan Bengkulu beribukotakan Bengkulu. Mudah ya? Mari kita coba yang lebih sulit. Kita tahu ibukota Mexico adalah New Mexico. Sekarang saya tanya, apa ibukota New Mexico? Pasti tidak ada yang tahu. Ibukota New Mexico adalah Santa Fe. 

Tadi kita dengan mudahnya mengingat Mexico adalah New Mexico. Tapi, bagaimana dengan mengingat kalau Santa Fe adalah ibukota New Mexico? Caranya mudah, berikut langkah-langkahnya:

1.    Lihat pada kata Santa Fe. Apa yang kita ingat ketika kita mengingat kata “Santa”? Betul. Santa Klaus a.k.a Sinterklas


2.   Lalu apa yang kita ingat ketika kita mendengar kata “New Mexico”? Saya pribadi ketika mengingat kata ini, akan membayangkan seorang laki-laki Mexico memakai topi ala Mexico “Somrello” sambil bermain gitar Spanyol


3.  Untuk mengingat kalau ibukota New Mexico adalah Santa Fe, mari kita hubungkan antara imajinasi mengenai Santa Fe dengan imajinasi mengenai New Mexico. Saya membayangkan Santa Klaus memakai Topi ‘somrello”, sambil memainkan gitar Spanyol. Sudah? Coba bayangkan sekali lagi! Bagaimana mudah kan? Sekarang, tanpa melihat lagi ke atas artikel pada paragraf ini, coba sebutkan apa ibukota New Mexico!? Betul. Mudah Kan? 

Baik sekarang ayo kita mulai menerapkan “Metode Plesetan”. Tentunya yang pelajar tahu kalau pada materi-materi pelajaran terdapat kata-kata berbahasa asing yang susah sekali untuk diingat dan dihafal. Sebagai contoh pada pelajaran Bahasa Inggris SMP terdapat suatu materi yang bahkan saat masih kuliah-pun masih susah untuk diingat. Materi tersebut adalah irregular verb, atau yang dalam bahasa Indonesia biasa disebut “Kata Kerja Tidak Beraturan”. Berikut adalah contoh kata-kata pada irregular verb:

V1
V2
V3
Buy
Bought
Bought
Bring
Brought
Brought
Eat
Ate
Eaten
May
Might
Might
See
Saw
Seen
Think
Thought
Thought


Oke, mari kita mulai dengan contoh kata yang pertama: “Buy”. Tentu yang SMP-pun tahu kalau arti Buy adalah membeli. Lalu bagaimana supaya kita bisa mengingat irregular verb-nya?  Berikut langkah-langkahnya:

1.  Buy-bought-bought. Untuk mengingatnya mari kita bayangkan diri kita membeli (buy) baut-baut sebesar lengan (plesetan dari bought-bought) di toko besi. Bagaimana? Ingat? Oke, mari kita coba yang lain yaitu bring-brought-brought


2. Bring-brought-brought. Bagaimana cara mengingatnya, bayangkan kita membawa (bring) TELEPON (bring diplesetkan jadi “kriing”, bunyi telepon) yang memiliki nada dering brot-brot seperti suara kentut (brought-brought diplesetkan jadi brot-brot).


Bagaimana? Oke sekarang mari kita tes, apa  V2 dari buy? Oke pertanyaan kedua, apa kata kerja ke-3 dari bring? Sudah? Silahkan cek jawabannya dengan melihat paragraf di atas! Oke, ingat? Jika kalian berhasil menghafalnya selamat! Namun mungkin ada yang masih bertanya-tanya atau bingung, silahkan tanyakan saja hal ini pada kolom komentar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar