Selasa, 17 Mei 2016

Tips dan Trik Mengingat Memo, Agenda dan Jadwal ala Detektif

Sebagaimana kita ketahui, penggunaan gadget telah mendominasi umat manusia saat ini. Dari bangun tidur hingga tidur lagi, gadget sudah dipastikan ada di samping kita. Berbagai aplikasi bawaan gadget yang membantu kita dalam beraktivitas seperti jam alarm, kalender, memo, agenda, internet dan aplikasi lainnya mungkin memang banyak membantu kita. Namun di sisi lain hal tersebut memiliki sisi negatif. Ketergantungan kita kepada gadget ini membuat kita tidak berkembang sebagai manusia. Untuk melihat tanggal kita harus melihat kalender di gadget dulu, untuk bangun kita mesti pasang alarm di handphone dulu, untuk menghitung kita mesti buka aplikasi kalkulator dulu. 

Jujur, ini bener-bener ironis. Mungkin ada yang tahu, kalau ada trik khusus untuk mengingat tanggal yang disebut “Kalender Mental”. Dengan teknik ini, kita  bisa tahu hari apa teman kita lahir hanya dengan mengetahui tanggal lahirnya (tanpa perlu melihat hp). Mungkin ada yang tahu mengenai mathmagic, teknik-teknik perhitungan singkat yang mampu membantu perhitungan seperti penjumlahan, perkalian, akar, pangkat dan bahkan persamaan kuadrat tanpa bantuan kalkulator. Dengan adanya gadget, otak kita terhambat untuk mengenal dan mempelajari trik-trik keren ini dan akhirnya kualitas kita sebagai manusia ikut menurun. Padahal otak memiliki kapasitas memori dan kecepatan pemrosesan yang jauh lebih baik daripada komputer atau gadget paling canggih sekalipun.

Oke, cukup basa-basinya. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan trik khusus untuk mengingat memo, agenda, atau jadwal. Daftar kegiatan merupakan hal penting yang tidak bisa dilepaskan dalam aktivitas manusia. Karena itu apabila kegiatannya sangat penting, maka bisa dipastikan kita harus mencatatnya. Tapi bakalan lebih keren kalau kita bisa mengingatnya kan? Di bawah, saya akan menuliskan satu persatu langkah supaya kita bisa mengingat memo, agenda ataupun jadwal.

TIPS DAN TRIK MENGINGAT MEMO
Memo adalah tulisan singkat padat dan jelas yang ditujukan kepada orang lain. Memo ini bisa resmi ataupun tidak resmi. Memo tidak resmi contohnya seperti di bawah ini:

To Rina
Rin, kalo jadi ke Ciwalk,
beliin gelang tengkorak
gelangnya 2 buah, satu merah satu item
Jangan lupa cirengnya 4 buah

Untuk mengingat memo di atas, mari kita melakukan langkah-langkah ini:

1.    Tentukan keyword alias kata kunci dari memo


Untuk mengingat suatu memo, tentukan terlebih dahulu kata kunci yang penting dari memo tersebut. Sebagai contoh pada memo di atas, terdapat beberapa kata kunci penting yaitu: 2 Gelang Tengkorak merah dan hitam, 4 cireng.

2.    Gunakan Imajinasi Untuk Membayangkan Gelang


Untuk mengingat kata kunci di atas, gunakan imajinasi. Imajinasi tersebut harus gamblang, hidup, absurd/konyol dan berlebihan. Sebagai contoh lihat angka 2, kira-kira angka 2 mirip dengan benda atau hewan apa? Bisa ular, angsa, atau itik. Ingat kata kunci di atas adalah 2 gelang tengkorak. Jadi asosiasikan antara angsa, tengkorak, merah, dan hitam. Saya pribadi membayangkan angsa raksasa berwarna merah dan hitam sedang memakan tengkorak manusia (serem yaa, tapi emosi memang bisa memicu ingatan).

3.    Gunakan Imajinasi Untuk Membayangkan Cireng

Untuk mengingat 4 buah cireng, maka terlebih dahulu mari kita asosiasikan angka 4. Mirip dengan benda apa angka 4? Kursi, iya kan? Lalu kita gabungkan imajinasi tersebut dengan cireng tadi. Kalau saya pribadi membayangkan cireng hidup sebesar manusia duduk di kursi sambil merokok dan baca buku.

4.    Gabungkan Imajinasi Gelang dan Cireng, Tempatkan Pada Lokasi yang Familiar

Pada tahap selanjutnya, Gabungkan imajinasi mengenai gelang dan cireng yang akan kita beli dan tempatkan di tempat familiar. Sebagai contoh, saya menempatkan imajinasi antara gelang dan cireng tersebut di beranda rumah saya. Saya membayangkan 2 ekor angsa raksasa, yang satu berwarna merah dan yang satu berwarna hitam sedang mematuki tengkorak manusia sambil ditonton oleh cireng hidup yang sedang duduk di kursi.

5.    Silahkan Ingat Kembali Isi Memo

Setelah berhasil menggunakan imajinasi kita, silahkan tes kembali diri kita untuk mengingat memo tersebut. Ingat-ingat imajinasi tadi. Saya sendiri langsung mengingatnya dalam sekali percobaan. (Apabila jadi ke Ciwalk, belikan 2 buah gelang tengkorak warna merah dan hitam, dan 4 buah cireng). TEPAT BUKAN?

Mungkin di antara para pembaca ada yang menganggap kalau langkah-langkah mengingat memo ini sangatlah bertele-tele. Namun sebenarnya hal ini tidaklah terlalu bertele-tele mengingat kita hanya perlu mengimajinasikannya. Selain itu, langkah-langkah mengingat ini fleksibel sehingga jika anda mau, maka anda bisa melakukan imajinasi versi anda sendiri untuk mengingat benda yang ingin anda ingat. Kalau memang langkah-langkah di atas masih terlalu sulit bagi anda, silahkan untuk memulai latihan mengingat yang lebih sederhana seperti pada artikel-artikel saya di bawah:


TIPS DAN TRIK MENGINGAT AGENDA KEGIATAN DAN JADWAL
Agenda adalah daftar kegiatan yang mesti dilakukan seseorang tanpa perlu dilakukan secara berurutan terlepas dari keurgensian kegiatan tersebut. Hal-hal seperti perlu membeli sesuatu, atau perlu memperbaiki sesuatu adalah salah satu bentuk dari agenda. Sebaliknya, jadwal kegiatan memerlukan waktu aktivitas yang jelas. Mari kita mulai dengan agenda kegiatan yang tidak perlu dilakukan terburu-buru. Sebagai contoh, istri anda menginginkan anda untuk melakukan daftar hal berikut ini:
 
1.   Membeli Sikat dan Pasta Gigi
2.   Memperbaiki Mobil
3.   Cukur rambut, sudah panjang
4.   Beli kwetiaw
5.   Beli Tiket Captain America Civil War
6.   Perbaiki kacamata mama
7.   Simpan uang di bank

Untuk mengingat ke-7 daftar kegiatan yang telah istri kita pesankan, mari kita lakukan langkah-langkah berikut:

1.    Tentukan Keyword Masing-Masing Kegiatan


Sama seperti saat mengingat memo, saat kita mengingat agenda kegiatan, maka kita perlu menentukan keyword (kata kunci) dari berbagai kegiatan yang akan kita lakukan. Sebagai contoh pada kegiatan nomor 1, kata kuncinya adalah sikat dan pasta gigi. Pada nomor 2 mobil. Pada nomor 3 gunting (cukur rambut), dan seterusnya. Berikut adalah kata kunci 7 kegiatan di atas versi saya sendiri:

1.)  Sikat dan Pasta Gigi
2.)  Mobil
3.)  Gunting
4.)  Kwetiaw
5.)  Captain America
6.)  Kacamata
7.)  Uang
 
2.    Gunakan Imajinasi dan Buat Cerita


Setelah keyword masing-masing berhasil dibuat, kaitkan satu persatu item dari keyword dan buat imajinasi ceritanya. Sebagai contoh, saya membayangkan Toni (teman saya yang paling kocak) membawa sikat dan pasta gigi raksasa. Menggunakan sikat dan pasta gigi tersebut, Toni kemudian membersihkan mobil lamborghini yang ada di depan rumahnya. Tidak diduga dari dalam mobil keluarlah tukang cukur ingin memotong rambutnya menggunakan gunting rumput yang dia bawa. Toni kemudian berlari dan bahkan sampai berenang di atas lautan kwetiaw untuk menghindari tukang cukur gila tersebut. Di tengah jalan dia bertemu dengan Captain America yang menggunakan perisainya sebagai kacamata. Toni kemudian berubah menjadi ironman menggunakan uang tabungan dan bersama Captain America melawan tukang cukur gila tersebut.

3.    Ulang Imajinasi Cerita 2 atau 3x

 
Supaya kita mampu menghafal agenda kegiatan yang harus dilakukan, ulangi imajinasi kegiatan di atas sebanyak 2 atau 3 kali. Tenang, menggunakan imajinasi tidak semelelahkan menggunakan “metode mantera”, jadi tidak perlu khawatir.

4.    Ingat Kembali Agenda Kegiatan Tersebut
Kalau kita sudah mampu mengulang imajinasi tersebut, maka silahkan untuk menyebutkan agenda kegiatan yang akan kita lakukan. Saat mengingat agenda, bayangkan cerita tadi, insya Allah voila anda akan mengingat agenda kegiatan tersebut semudah membalikkan telapak tangan.

Usahakan membuat imajinasi di kepala kita seabsurd dan seimajinatif mungkin. Contoh absurd misalnya, saya menggunakan teman saya yang paling kocaksebagai subjek cerita (Toni) dan lebih absurdnya lagi, dia bahkan berubah menjadi ironman. Benda-benda yang muncul di cerita (keyword) juga harus dibuat absurd dan berlebihan sehingga mudah diingat. Sebagai contoh, saya membayangkan sikat gigi dan pasta gigi raksasa, tukang cukur membawa gunting rumput sambil keluar dari lamborghini dan lautan kwetiaw. Kenapa mesti absurd dan berlebihan? Karena otak menyukai hal-hal absurd dan imajinatif sehingga mudah diingat.

Berbeda dengan agenda kegiatan, jadwal memiliki pembagian waktu yang lebih sulit untuk diingat. Hal ini wajar mengingat jadwal memiliki time limit yang mesti dilakukan berikut adalah contoh jadwal pelajaran di SMA:

Senin
07.00           Upacara
07.30           Kewalikelasan
08.00           Matematika
08.45           Matematika
09.30           Penjaskes
10.00           Istirahat
10.15           Kimia
11.00           Kimia
11.45           Istirahat
12.00           Kesenian
12.45           Pulang

LANGKAH PERTAMA: GUNAKAN MIND PALACE


Mind Palace adalah teknik mengingat menggunakan lokasi familiar dengan perjalanan atau furniture di lokasi tersebut sebagai penanda. Jika kalian belum mengerti menggunakan mind palace, silahkan untuk melihat 3 artikel di bawah


LANGKAH KEDUA: SEDERHANAKAN JADWAL


Langkah selanjutnya mari sederhanakan jadwal pelajaran di atas. Mata pelajaran yang diulang berubah menjadi satu kali. Sederhanakan juga waktunya sehingga lebih mudah untuk diingat. Hilangkan upacara, karena hari Senin sudah dapat dipastikan upacara memang ada. Hapus istirahat karena waktu istirahat selalu tetap, begitu pula waktu pulang. Berikut adalah hasil penyederhanaan saya pribadi:

Setengah 8           Kewalikelasan
8                            Matematika
Setengah 10         Olahraga
10 Seperempat     Kimia
12                         Seni

LANGKAH KETIGA: KAITKAN ANTARA WAKTU DAN KEGIATAN


Pada langkah ketiga, kaitkan antara waktu kegiatan dengan aktivitas kegiatan, lalu tempatkan masing-masing pengaitan dengan lokasi yang familiar (menggunakan mind palace). Sebagai contoh lihat kegiatan pertama (kewalikelasan). Kewalikelasan dilaksanakan pada pukul setengah 8, maka mari kita kaitkan. Ada 2 benda yang mirip angka 8 menurut saya yaitu boneka salju dan borgol. Dalam fase ini, saya membayangkan diri saya berjalan hingga ke gerbang pintu rumah dan mengimajinasikan wali kelas saya diborgol di teralis gerbang (setengah 8) sambil berteriak ingin dilepaskan. Lalu di beranda rumah, saya berjalan melewati boneka salju berbadan setengah yang sedang mengerjakan rumus di papan tulis (jam 8 matematika). Masuk ke ruang tamu, saya melihat kesatria berpedang dan berperisai dengan badan setengah melakukan pul up (setengah 10 olahraga). Melewati ruang tengah, saya melihat pemukul baseball (angka 10 melambangkan tongkat baseball dan bola baseball) tengah latihan memukul labu erlenmeyer di atas perempatan jalan (perempatan melambangkan seperempat dan labu erlenmeyer melambangkan kimia). Masuk ke dapur, saya melewati angsa yang sedang melukis menggunakan kuas (kuas melambangkan 1, angsa melambangkan 2 [jadi 12], melukis melambangkan seni).

LANGKAH KEEMPAT: ULANG-ULANG IMAJINASI TERSEBUT


Terus ulang-ulang imajinasi tersebut hingga anda benar-benar ingat imajinasinya. Ketika anda mengingatnya, maka secara otomatis jadwal kegiatan tersebut juga akan bisa diingat. Mungkin awalnya akan sulit ketika melakukan jadwal mental seperti ini, namun anda harus percaya diri. Seiring dengan terbiasanya anda melakukan metode ini, maka anda juga pasti bisa mengingatnya dengan lebih cepat.

Kunci dari mengingat jadwal seperti di atas adalah asosiasi, imajinasi dan lokasi. Kaitkan hingga membentuk asosiasi, usahakan imajinasi seabsurd mungkin. Gunakan lokasi yang familiar sehingga mudah diingat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar