Sabtu, 14 Mei 2016

Tips dan Trik Mengatasi Lupa ala Detektif



Pembaca setia detektifpedia, mungkin ada di antara anda-anda sekalian yang memiliki masalah yang satu ini. Mungkin anda sering lupa menaruh dimana kunci motor anda? Mungkin anda sering lupa ketika berangkat kerja sudah mengunci pintu rumah atau belum sehingga anda balik lagi untuk mengecek hal tersebut? Atau mungkin anda lupa menaruh di mana gadget anda lalu kemudian anda berkeliling ria untuk mencarinya? Ketahuilah, bahwa hal ini normal dimiliki manusia. Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan artikel mengenai solusi untuk masalah kelupaan anda (atau lebih tepatnya saya mengutipnya dari seorang ahli). 

Pada bukunya “Memorizing Like an Elephant”, Yudi Lesmana yang merupakan salah satu Grandmaster of Memory asal Indonesia memberikan tips bagaimana mengatasi kelupaan. Berikut adalah tips yang beliau berikan:

1.   Siapkan Buku, Catat Hal Yang Sering Kita Lupakan

Langkah pertama yang mesti kita lakukan supaya kita ingat adalah mengidentifikasi hal-hal yang sering kita lupakan ketika melakukan sesuatu. Dengan menyiapkan buku ini saja, kita sudah menerapkan mindset awal supaya kita tidak lupa. Apalagi kalau kita menuliskannya satu persatu.

2.   Katakan Dalam Hati


Setelah mencatat hal-hal yang sering kita lupakan, ketika kita ingin melakukan sesuatu yang biasanya sering kita lupakan tersebut katakan dalam hati kalau saya ingin melakukan ini atau ingin melakukan itu. Sebagai contoh, ketika menyimpan kunci motor misalnya, katakan dalam hati “saya menyimpan kunci di atas meja belajar”. Ketika mengunci rumah, katakan dalam hati “Saya sedang mengunci rumah”.

Efeknya akan lebih kuat lagi kalau kita mau menyebutkannya secara lisan. Saya pribadi pernah menyebutkan secara lisan sekitar satu minggu sebelumnya mengenai suatu benda dan benda-benda yang berada di sekelilingnya. Satu minggu setelahnya, saya masih mampu menyebutkan benda tersebut dan letaknya secara rinci.

3.   Gunakan Clue/Petunjuk di Sekitarnya


Ketika kita akan menyimpan suatu barang, gunakan situasi dan kondisi di sekitarnya sebagai petunjuk. Sebagai contoh, ketika saya sedang menyimpan handphone saya, saya biasanya melihat ke benda yang berada di sampingnya sebagai petunjuk tempat menyimpan handphone saya. Dengan melakukan hal ini, saya lebih mudah menemukan handphone yang saya simpan.

4.   Cukup Tidur dan Banyak Istirahat


Jika kita telah melakukan langkah-langkah di atas dan masih belum bisa mengingat hal-hal yang sering kita lupakan, maka ada kemungkinan kita kurang tidur dan istirahat. Cek jam tidur anda tadi malam, apa kurang dari biasanya? Jika begitu tambah jam istirahat anda. Dengan begitu, otak kita akan kembali ke kondisi semula.

Teknik-teknik mengingat apabila digunakan dengan baik bahkan akan mampu mengatasi demensia. Karena itu, ada baiknya ajarkan metode-metode mengingat ini pada orang yang anda kenal yang sering melupakan sesuatu ketika melakukan aktivitas. Jika anda pikir teknik-teknik ini tidak efektif, maka silahkan praktekkan sendiri. Saya jamin anda akan merasakan manfaatnya. Berikan komentar anda di bawah apabila teknik-teknik ini berhasil membantu anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar