Kamis, 19 Mei 2016

Rahasia Dibalik Ramalan Bintang dan Membaca Kepribadian, Anda Telah Tertipu!!!




Apa ada di antara pembaca detektifpedia yang sering membaca ramalan zodiak atau membaca buku mengenai membaca kepribadian? Atau ada di antara kalian yang sering mendatangi dukun, paranormal atau peramal? Saya sarankan untuk yang sering mendatangi mereka, untuk berhenti mendatangi mereka. 

Lho kenapa??? 

Karena pada dasarnya anda sedang di-MANIPULASI dan di-TIPU . Tidak percaya? Kalau begitu mari kita melakukan permainan kata-kata. Silahkan dibaca dengan sungguh-sungguh dan setelah itu beri skor seperti yang sudah diberikan.

“Anda adalah orang yang bisa sangat bertanggungjawab saat situasi terdesak. Anda memiliki kebutuhan untuk disukai dan dikagumi orang lain. Anda memiliki kapasitas kemampuan yang belum digunakan secara maksimal untuk menunjang hidup anda. Anda memiliki kemampuan untuk berfikir independen dan umumnya tidak mudah mempercayai segala sesuatu namun sering memiliki kelebihan hati untuk tidak terlalu terbuka pada orang lain mengenai itu”

Selanjutnya, silahkan anda pilih skor menurut kesesuaian dari pernyataan di atas :

1- Sama sekali tidak mencerminkan saya.
2- Tidak mencerminkan saya.
3- Sedikit –banyaknya mencerminkan.
4- Mencerminkan saya.
5- Sepenuhnya mencerminkan saya

Sudah ?

Saya kira jika di rata-rata dari semua orang yang membaca dan memilih maka skornya menjadi 4.26. Mengapa saya bias seyakin itu, karena pada saat tahun 1948 seorang professor bernama Bertram R Forrer melakukan penelitian di dalam kelas. Profesor memberikan 39 amplop tertutup kepada 39  mahasiswanya sebagai hasil test kepribadian yang telah mereka lakukan seminggu sebelumnya. Isi dari amplop tersebut adalah,
 
P.T. Barnum
Anda merasa perlu untuk disukai dan dikagumi orang lain, tapi pada saat yang sama anda juga cenderung kritis terhadap diri sendiri. Anda mempunyai kapasitas besar terpendam yang sebenarnya bisa anda kerahkan demi kesuksesan anda.Meski anda memiliki sisi lemah dalam kepribadian, tapi anda biasanya berhasil untuk mengkompensasinya. Dari luar anda terlihat sebagai seorang berdisiplin dan percaya diri, namun di dalam anda adalah seorang yang was-was dan tidak percaya diri. Terkadang anda memiliki keraguan serius apakah anda sudah membuat keputusan atau sudah betindak benar atau tidak. Dalam kapasitas tertentu anda lebih memilih sesuatu yang berbeda dan merasa gusar dengan kekangan dan pembatasan. Anda merasa bangga menjadi seorang pemikir independen dan tidak pernah menerima statemen orang lain tanpa alasan memuaskan. Anda juga menilai tidak bijaksana jika terlalu berterus-terang dalam mengungkapkan diri terhadap orang lain. Terkadang anda adalah seorang agresif, ramah dan sosial, adakalanya tertutup, waspada dan pendiam. Terkadang apa yang anda inginkan tidak begitu realistis. Merasa aman dan nyaman  adalah sebuah tujuan utama anda

Lalu, professor meminta mahasiswanya untuk memberikan penilaian sesuai dengan kecocokan dari pernyataan itu dengan masing-masing individu dengan parameter yang sama seperti di atas tadi.

Hasilnya, professor mendapatkan angka rata-rata sebesar 4.26 yang berarti sebagian besar dari mahasiswa menyatakan hasil tersebut sangatlah cocok dan sangat spesifik dalam mencerminkan kepribadian mereka. Yang mengejutkan adalah, pernyataan yang ditulis sebagai hasil test kepribadian tadi dibuat dengan cara merangkum dari buku ramalan yang ia beli beberapa hari sebelumnya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa otak manusia mudah ditipu oleh kalimat-kalimat yang sepertinya spesifik dan personal tetapi pada kenyataanya kalimat itu adalah kalimat umum yang dapat semua orang lakukan. Prinsip psikologi hasil penelitian Profesor Forrer ini selanjutnya dikenal dengan sebutan Efek Forrer atau Efek Barnum.

DEFINISI EFEK BARNUM
Efek Barnum atau Efek Forer adalah teori yang didasarkan dari hasil observasi dari P.T. Barnum bahwa setiap orang memiliki kesamaan. Efek barnum sendiri merupakan manipulasi psikologis dimana variabel-variabel yang sebenarnya bersifat umum dimanipulasi sedemikian rupa sehingga seolah variabel tersebut bersifat khusus dan spesifik pada orang tertentu saja. Singkatnya, efek barnum adalah kecenderungan untuk mengatakan mengenai kepribadian seseorang secara khusus padahal aslinya hal ini juga dapat diterapkan pada semua orang. Hal ini pun akhirnya dapat dibuktikan oleh Bertram R. Forrer pada percobaan di atas. 

Dalam bukunya “Hipnotis untuk Kehidupan Sehari-hari”, Efvy Zam mengungkapkan bahwa Efek Barnum  merupakan efek dimana kita merasa jauh berbeda dengan orang lain, padahal kita sama. Dengan kata lain kita jauh lebih mirip dengan orang lain daripada yang kita duga. Kita senang merasa istimewa dan tidak sadar kalau orang lain sebenarnya sama seperti kita juga. 

Ketika melakukan efek barnum, maka kita juga harus membubuhkan hal-hal lain. Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang yang hanya mengatakan hal yang bagus mengenai orang lain hanya akan dikatakan penjilat dan cenderung tidak disukai. Karena itulah hal-hal yang bersifat negatif seperti “anda agak pesimis” dan “anda agak tertutup” perlu ditambahkan supaya efek psikologis-nya lebih berhasil. 

EFEK BARNUM PADA RAMALAN

Kalau anda sering ‘menyatroni’ hal-hal seperti zodiak, ramalan dan tarot, maka anda akan menyadari kalau efek barnum banyak digunakan di bidang-bidang tersebut. Sebagai contoh, di bawah adalah ramalan zodiak menggunakan efek Barnum yang saya ambil dari madjongke.com


ZODIAK VIRGO
(SIFAT DASAR)


“Virgo merupakan orang yang kritis. Segala masukkan dan pendapat dari orang lain tidak akan ditelan mentah-mentah. Selalu diteliti dulu dan disharing mana yang benar, tepat dan masuk akal menurutnya. Jika dirasa tidak tepat maka dia bisa dengan mudah menolaknya. Jika dia memiliki wawasan, maka dia tidak mudah ditipu orang lain. Orang virgo termasuk suka dengan pekerjaan yang rapi dan tepat. Dengan itu, banyak orang yang tidak mengerti dengan cara berpikir orang virgo yang terlalu ribet terhadap sesuatu. ”


Mari kita analisis ramalan di atas. Coba lihat kalimat pertama 

Virgo merupakan orang yang kritis 

Pada dasarnya, kritis merupakan sikap ideal manusia. Sehingga tidak hanya virgo saja, namun zodiak lain apabila dikatakan seperti ini akan setuju. 
Sekarang lihat kalimat-kalimat selanjutnya 

Segala masukkan dan pendapat dari orang lain tidak akan ditelan mentah-mentah. Selalu diteliti dulu dan disharing mana yang benar, tepat dan masuk akal menurutnya. Jika dirasa tidak tepat maka dia bisa dengan mudah menolaknya)

bukannya hal ini juga pernyataan umum? Contohnya lihat kalimat pertama (Segala masukkan dan pendapat dari orang lain tidak akan ditelan mentah-mentah), bukankah umumnya kebanyakan manusia memang seperti ini? Lalu kalimat selanjutnya (Selalu diteliti dulu dan disharing mana yang benar, tepat dan masuk akal menurutnya) adalah pernyataan ideal, dimana umumnya manusia umumnya memang ingin dilihat seperti ini. Begitu pula pernyataan ini (Jika dirasa tidak tepat maka dia bisa dengan mudah menolaknya).

Baik, sekarang lihat kalimat terakhir (Dengan itu, banyak orang yang tidak mengerti dengan cara berpikir orang virgo yang terlalu ribet terhadap sesuatu). Pernyataan ini adalah pernyataan negatif yang saya sebutkan sebelumnya (coba lihat tepat sebelum sub judul EFEK BARNUM PADA RAMALAN), yang ditambahkan supaya efek psikologisnya lebih kuat dan supaya ramalan tidak terlihat terlalu muluk. Umumnya kalimat yang bersifat negatif juga kalimat yang bersifat umum.

Lalu, bagaimana dengan membaca kepribadian? Sebagai contoh, ingat membaca kepribadian melalui golongan darah yang sedang booming saat ini? Ternyata hal ini juga sama saja. Membaca kepribadian melalui golongan darah ternyata juga tidak memiliki landasan ilmiah sama sekali. Sebenarnya miris juga karena sebagian besar bangsa Indonesia masih mau dibodohi dengan hal seperti ini. Ketika saya melakukan riset kata kunci di Google Adwords, teknik-teknik membaca kepribadian yang luar biasa ngaco ini jauh lebih banyak dicari di google dibandingkan dengan deduksi ala Sherlock Holmes yang jauh lebih ilmiah dan lebih bertanggung jawab.

Saya tidak akan terlalu bertele-tele membahas apa itu golongan darah mengingat hal ini bisa anda temukan pada web dan blog lain. Tapi saya akan bahas mengenai apa itu membaca kepribadian berdasarkan golongan darah.

............................................
 
Artikel ditulis oleh: Fazar Azis Ahdika
Seorang mahasiswa psikologi dengan ketertarikan khusus pada Seni Mentalisme
(Dengan beberapa tambahan dan pengeditan oleh admin)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar