Selasa, 05 April 2016

TRIK DAN TIPUAN, APA YANG MESTI DIPELAJARI?



Trik dan Tipuan


Bagi orang yang menekuni ilmu-ilmu ala detektif, mempelajari sifat dasar dari trik atau tipuan, atau bahkan cara menggunakan trik tersebut merupakan suatu keharusan. Baik itu trik yang bersifat sains atau psikologi bisa dengan mudah dipelajari melalui video-video yang terdapat di youtube, atau dengan membaca buku-buku tertentu. Berikut ini adalah acara, website ataupun buku-buku yang mesti kita baca, tonton dan kunjungi untuk bisa mempelajari bagaimana trik itu bekerja.  

1.    LINTAS IMAJI
Lintas Imajiadalah program televisi di Net TV yang dipandu oleh Rommy Rafael, seorang Mentalis dan Ilusionis yang dulu terkenal melakukan hipnosis di tempat-tempat umum saat masih di SCTV. Lintas Imaji sendiri merupakan acara yang menampilkan trik-trik psikologi. Teknik-teknik seperti pensugestian alam bawah sadar, hipnosis, NLP dan membaca mikroekspresi dan bahasa tubuh terlihat jelas di sini. Yang unik dari lintas imaji adalah trik yang digunakan oleh Rommy Rafael akan dibongkar sendiri oleh dirinya di akhir performanya sehingga kita bisa mempelajari trik dan sifat alami dari trik tersebut. Sungguh terbuang percuma, kalau acara ini keburu dihentikan kontraknya sebelum kita yang mempelajari ilmu-ilmu detektif menontonnya.

2.    13 STEP TO MENTALISM
Tony Corinda adalah seorang pakar mentalis yang terkenal sebagai bapaknya para mentalis. Buku 13 Step to Mentalism yang dia tulis ini sebenarnya merupakan kumpulan tulisan dari 13 buklet kecil yang kemudian pada tahun 1961 diterbitkan secara utuh sebagai sebuah buku. Buku ini kemudian menjadi terkenal dan dianggap oleh para pesulap sebagai buku klasik-nya aliran mentalism. Buku ini menjelaskan berbagai trik yang merujuk pada aktivitas-aktivitas paranormal seperti misalnya telepati, telekinesis, berkomunikasi dengan orang mati dan lain-lain. Mentalis modern seperti Richard Osterlind dan Derren Brown misalnya, banyak merujuk pada buku ini dalam performa-performa yang mereka lakukan.

3.    DVD PENJELASAN RICHARD OSTERLIND TERHADAP 13 STEP TO MENTALISM
Richard Osterlind adalah seorang pesulap aliran mentalis yang terkenal akan berbagai performanya di seluruh tempat-tempat prestisius di berbagai belahan dunia. Tempat-tempat seperti Hotel de Paris di Montecarlo dan Casa de Campo di
Republik Dominik pernah menjadi panggung pertunjukannya. Di dalam DVDnya yang satu ini, Richard Osterlind menjelaskan trik-trik yang terdapat di buku 13 Step to Mentalism untuk yang tidak mengerti dari hanya membaca bukunya. Jadi pada dasarnya DVD-nya merupakan resensi dari buku. Yang membedakan adalah adanya performa terlebih dahulu. Richard biasanya mendahului resensi bukunya dengan melakukan performa terlebih dahulu di hadapan audiens. Lalu kemudian dia menjelaskan triknya dengan seorang rekannya.

4.    JUST FOR LAUGH: GAGS
Kalau ada yang bangun dinihari lalu kita menyalakan TV dan menyetel channel Indosiar, kita melihat sebuah acara televisi barat dimana suatu tim mengerjai orang lain di tempat-tempat umum, maka itulah yang saya maksud acara JUST FOR LAUGH: GAGS.
Mungkin ada yang aneh buat apa situs ilmu detektif menyarankan jauh-jauh untuk menonton suatu acara komedi? Yang saya sarankan bukan fokus pada komedinya, tapi fokuslah pada trik-trik yang digunakan untuk mengerjakan orang. Pada acara ini, terdapat berbagai macam-macam penggunaan trik yang saya akui sangat kreatif. Dengan mengamati trik-trik yang terdapat pada acara ini, kita akan mampu menambah pengetahuan kita tentang sifat-sifat dasar trik atau bahkan membuat trik baru berdasarkan acara tersebut.

5.    SALURAN YOUTUBE DERREN BROWN
Derren Brown merupakan seorang ilusionis dan mentalis terkenal asal Inggris. Kalau anda di sini pernah menonton Sherlock BBC “The Empty Hearse”, anda akan sadar kalau Derren Brown ikut jadi cameo di sana. Teknik-teknik dan trik-triknya di youtube benar-benar unik dan menarik sehingga mampu memberikan sudut pandang lain mengenai sifat alami trik dan tipuan. Silahkan berlangganan saluran Derren Brown di Youtube, atau cukup ketik Derren Brown saja di mesin pencarian youtube untuk melihat bagaimana performa Derren Brown di depan kamera. 


<SEBELUMNYA RUJUKAN ILMU STRATEGI                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar