Selasa, 05 April 2016

TIPS SEDERHANA MELATIH BAHASA ASING



Kemampuan Berbahasa Asing


Tahukah kalian, kalau kita bisa Berbahasa Inggris kita akan mampu meningkatkan akses diri kita terhadap berbagai macam informasi di internet hingga lebih dari 2 kali lipatnya? Tidak percaya? Jujur saja, sejak saya bisa berbahasa Inggris, saya mampu mengakses berbagai pengetahuan yang bahkan tidak mungkin ada dalam situs-situs berbahasa Indonesia seperti membaca artikel-artikel berbahasa Inggris, membaca ebook-ebook berbahasa Inggris dan menonton berbagai film yang tidak mungkin dirilis di Indonesia tanpa subtitle. Bukankah ini nilai lebih? Lalu bagaimana cara melatih kemampuan bahasa asing?

Berkaca dari pengalaman saya sendiri, saya adalah seorang gamer kelas berat. Setiap hari (sejak SMP), saya selalu main PS1 dan PS2 lebih dari 3 jam dalam sehari (ketika seru-serunya dulu tahun 2000-an). Saya sadar ketika memainkan suatu game, sangatlah tidak keren kalau kita memainkannya tapi tidak mengerti apa yang dimainkan di game tersebut. Kebetulan, pemilik rental PS langganan saya adalah seorang guru. Ketika saya tidak mengerti mengenai suatu kosakata tertentu, maka saya menanyakannya kepada beliau. Jika beliau tidak ada, maka saya mengingat-ingat istilah tersebut lalu di rumah saya membuka kamus dan mencari istilah tersebut. Hal ini terus berlanjut hingga akhirnya teman-teman SMP dan SMA saya memanggil saya dengan sebutan “kamus berjalan” (sebenarnya saya agak kesal dengan sebutan tersebut).

Kesimpulan dari kisah saya tersebut adalah, supaya kita bisa meningkatkan kemampuan yang kita inginkan, kita mesti mengkolaborasikan apa yang ingin kita kuasai, rasa ingin tahu kita dengan apa yang kita gemari. Dalam kasus saya, saya mengkombinasikan antara kegemaran saya pada gamedan rasa ingin tahu saya terhadap Bahasa Inggris. Dan hasilnya alhamdulillah memuaskan!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar