Selasa, 05 April 2016

RUJUKAN LENGKAP MEMPELAJARI DEDUKSI, OBSERVASI DAN MEMBACA ORANG LAIN



Ilmu Deduksi, Observasi dan Membaca Orang lain

Kemampuan deduksi, observasidan membaca orang lain, sudah bukan rahasia lagi merupakan kemampuan ala detektif wajib yang seringkali sangat diinginkan oleh para awamista (orang-orang awam). Sayangnya kita seringkali bingung dengan apa yang mesti kita lakukan sehingga kemampuan ini terasah. Berikut ini adalah sumber-sumber dan literatur yang mesti kita baca dan pelajari untuk meningkatkan kemampuan ini.

1.  READING PEOPLE: HOW TO UNDERSTAND PEOPLE AND PREDICT THEIR BEHAVIOUR ANYTIME-ANYPLACE

Jo-Ellan Dmitrius, adalah seorang juri yang terkenal karena menangani berbagai kasus di pengadilan. Dari mulai kasus penuntutan terhadap Perusahaan Farmasi, hingga kasus yang melibatkan psikopat pembunuh berantai pernah dia tangani. Jo sadar, diantara kemampuannya di pengadilan tersebut, kemampuan membaca orang lainlah yang paling dia kuasai. Kalau kemampuan ini bisa membuat dia sukses di pengadilan, kenapa tidak menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari?

Di dalam bukunya ini, Jo secara rinci memberikan bimbingan kepada kita mengenai apa yang harus kita lakukan dan amati. Dari mulai membaca orang lain melalui penampilan, BAHASA TUBUH, suara dan isi percakapan, rumah, ruang kerja dan berbagai hal lainnya yang dituliskan secara rinci. Karena itulah, mengenai deduksi saya menyarankan untuk membaca buku ini dan melatihnya secara benar. Buku ini adalah buku praktis paling rinci mengenai observasi dan deduksi. Artikel saya di blog ini yang berjudul 11 MINDSET MUTLAK DALAM MELAKUKAN DEDUKSI sebagian besar mengambil dari buku ini.

2.    THE ART OF SPEEDREADING PEOPLE
Jika buku READING PEOPLE-nya Jo-Ellan Dmitrius merupakan panduan praktis dalam membaca orang lain, maka buku ini adalah buku untuk membaca dan mengidentifikasi orang lain berdasarkan karakter psikis, tingkah laku dan kondisi psikologis subjek yang diamati. Orang yang ingin melakukan PROFILING SECARA SEDERHANA, saya sarankan untuk membaca dan mempelajari buku ini sebagai pelengkap buku Reading People-nya Jo-Elan.


3.   MASTERMIND HOW TO THINK LIKE SHERLOCK HOLMES
Untuk para Sherlockian, buku ini mungkin adalah buku bimbingan deduksi terbaik untuk orang yang ingin mempelajari seni membaca orang lain melalui sudut pandang penggemar Sherlock Holmes. Maria Kotnnikova pengarang buku ini adalah seorang Sherlockian sejati dan juga seorang psikolog. Karena itulah, selain buku ini mengungkap bagaimana cara berpikir ala Sherlock Holmes melalui novel-novelnya, Maria juga menambahkan berbagai hasil riset psikologi modern untuk mendukung argumentasi-argumentasi yang dia tuangkan dalam buku ini.

4.    WHAT EVERYBODY IS SAYING
Buku ini adalah buku bestseller mengenai bahasa tubuh yang menurut saya pribadi paling bermanfaat. Buku ini ditulis oleh Joe Navarro seorang bekas agen FBI. Walaupun buku ini ditulis berdasarkan sudut pandang seorang mantan penegak hukum, buku ini tetap relevan untuk hal-hal lain seperti contohnya dalam berbisnis dan berhubungan dengan keluarga. Bahkan Derren Brown salah seorang mentalis Inggris yang sudah mendunia dalam website resminya www.derrenbrown.co.uk menyarankan buku ini dipelajari oleh orang yang mulai memasuki dunia mentalis.

5.    DEFINITIVE BOOK OF BODY LANGUAGE
Komunikasi non-verbal merupakan bentuk komunikasi yang mendominasi hampir 70% dari kehidupan manusia. Definitive Book of Body Language adalah buku paling lengkap mengenai bahasa tubuh dan komunikasi non-verbal. Jika ada buku yang layak disebut sebagai Ensiklopedia bahasa tubuh, maka buku ini adalah buku yang paling tepat. Buku yang ditulis oleh Allan dan Barbara Pease ini (keduanya suami istri) menjelaskan mengenai bahasa tubuh dengan menggunakan tokoh-tokoh dunia sebagai contoh dan ilustrasi-ilustrasi yang unik sehingga bisa dimengerti. Buku ini adalah buku mengenai body language pertama yang saya baca dan isinya sungguh bermanfaat.

6.  EMOTIONS REVEALED: RECOGNIZING FACE AND FEELINGS TO IMRPOVE COMMUNICATION AND EMOTIONAL LIFE
Dr. Paul Ekman adalah seorang pakar mikroekspresi yang telah mempelajari berbagai ekspresi-ekspresi yang ditunjukkan manusia selama puluhan tahun. Karakternya bahkan terinspirasi untuk dijadikan sebuah film. Tahu film Lie to Me? Film ini adalah film yang terinspirasi dari dr. Paul Ekman. Di dalam bukunya Emotions Revealed, Paul Ekman menunjukkan berbagai karakteristik-karakteristik ekspresi wajah yang menunjukkan emosi manusia. Beliau bahkan melakukan kodifikasi atas hal ini. Berbagai ekspresi seperti marah, jijik, takut, sedih dan gembira atau bahkan ekspresi yang lebih spesifik seperti senyum palsu, senyum takut dan sedih takut dijelaskan secara rinci di dalam buku ini.

7. TELLING LIES: CLUES TO DECEIT IN THE MARKETPLACE, POITICS AND MARRIAGE
Satu lagi buku mengenai mikroekspresi yang ditulis oleh dr. Paul Ekman. Jika Emotions Revealed mengungkapkan berbagai cara mengidentifikasi perasaan dan emosi melalui ekspresi dan mimik muka, buku ini menunjukkan bagaimana menggunakan ekspresi dan mimik muka untuk mendeteksi kebohongan. Sangat disarankan dibaca oleh orang yang menginginkan kemampuan sosialnya meningkat.

8.    THE FULL FACTS BOOK OF COLD READING
Mari kita lanjutkan ke teknik membaca orang lain dari sudut pandang profesi tertentu, “MENTALIS”. Cold Reading adalah teknik membaca orang lain melalui kombinasi antara pengamatan dan pengorekan informasi secara verbal tanpa disadari lawan bicara. Dalam buku karangan Ian Rowlands ini, dijelaskan secara luas mengenai teknik-teknik yang sering digunakan dalam melakukan cold reading seperti misalnya teknik membangun “rapport”, penggunaan efek barnum dan shotgunning, juga melakukan cold reading dengan menggunakan gimmick, seperti misalnya menggunakan tarot dan bola kristal.



<SEBELUMNYA MELATIH BAHASA ASING                                LANJUT KE MEMORI DAN INGATAN>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar