Selasa, 05 April 2016

RUJUKAN BUKU NLP, HIPNOTIS DAN REKAYASA SOSIAL



Hipnosis, NLP dan Social Engineering

Penggunaan alam bawah sadar, teknik-teknik pengorekan informasi serta penembusan sistem-sistem keamanan sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang berprofesi di jalur penyelidikan. Sayangnya, teknik-teknik ini juga bisa digunakan oleh para kriminal dan penjahat untuk kepentingan mereka sendiri. Perlu diingat, kemampuan hipnosis, NLP dan Social Engineering mesti digunakan untuk kebaikan! Berikut adalah buku-buku yang saya sarankan untuk dibaca dan dipelajari supaya mampu meningkatkan kemampuan kita di bidang yang satu ini.

1.    SOCIAL ENGINEERING: THE ART OF HUMAN HACKING
Jika ada yang bertanya kepada saya buku apa yang paling lengkap dalam bidang rekayasa sosial, maka buku ini pasti menjadi pilihan pertama saya. Buku ini secara lengkap membahas mengenai cara-cara mengorek informasi melalui komunikasi verbal (interviu dan interogasi), pengorekan informasi melalui website, blog dan social media, penggunaan prinsip-prinsip psikologi, mengidentifikasi mikroekspresi hingga cara melakukan lockpicking. Beberapa artikel di blog ini seperti misalnya resipokrasi (lihat RESIPOKRASI), teknik interogasi menggunakan kalimat lampau (lihat TEKNIK INTEROGASI “PAST TENSE”) dan penggunaan fakta salah untuk memperoleh kebenaran (lihat GUNAKAN FAKTA SALAH, FAKTA BENAR DIPEROLEH), berasal dari buku ini.  

2.    BUKU-BUKU AHLAK NABI MUHAMMAD S.A.W
Penilaian saya terhadap subjek yang satu ini mungkin agak bias (dikarenakan agama saya). Tapi jika ada penggunaan rekayasa sosial positif yang mesti kita tiru, maka ahlak Nabi Muhammad-lah yang paling tepat dalam hal ini. Sebagai pribadi, beliaulah yang terbaik. Beliau selalu tersenyum terhadap semua orang dan menyapa ketika bertemu orang tersebut. Ketika bicara terhadap seseorang, beliau tidak pernah memalingkan wajahnya dan selalu menghadapkan seluruh tubuhnya kepada lawan bicara (kecuali dalam kasus Abu Sofyan menjelang peristiwa Fathul Makkah). Ketika berbicara, beliau selalu memikirkan kata-kata yang tidak menyinggung lawan bicaranya. Walaupun begitu, beliau tegas terhadap penyimpangan. Hal ini membuat para sahabat beliau merasa menjadi orang yang diistimewakan dan musuh segan kepadanya. Beliau juga selalu berbuat baik kepada istri-istrinya dan keluarganya.  

3.    HOW TO WIN FRIENDS AND INFLUENCE PEOPLE
Buku ini tentu sangat tidak asing bagi para pembaca DETEKTIFPEDIA. Jika ada yang disebut dengan rekayasa sosial versi positif, maka buku yang satu ini layak untuk masuk ke dalam kategori tersebut. Buku yang ditulis oleh Dale Carnagie ini merupakan terbitan tahun 1937 dan bertemakan hubungan manusia. Namun hingga memasuki era digital seperti sekarang, buku ini masih relevan. Bahkan tahun 2010 kemarin buku ini masih laku hingga jutaan eksemplar dan sudah diterjemahkan ke berbagai seluruh penjuru dunia. Yang menarik dalam buku ini adalah banyaknya hal-hal yang relevan dengan akhlak islam. Sebagai contoh, kekuatan senyuman, menghindari argumen dan perdebatan, bersikap secara tulus, dan menutupi kesalahan orang lain namun mengoreksinya dengan cara yang benar. Dari dulu hingga sekarang, banyak pebisnis-pebisnis sukses yang membaca buku ini.

4.    HIPNOTIS UNTUK KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Hipnotis untuk kehidupan sehari-hari adalah buku karya Efvy Zam yang berisi mengenai bagaimana cara menghipnosis, melakukan sugesti ke alam bawah sadar orang lain melalui kemampuan komunikasi, cara membaca bahasa tubuh, dan berbagai hal unik lainnya terutama dalam bidang psikologi Buku ini mengambil contoh dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa diterapkan secara praktis. Buku ini juga mengandung hal-hal berbahaya apabila digunakan secara sembarangan, jadi hati-hatilah saat membaca buku ini!

5.    48 HUKUM KEKUASAAN (48 LAW OF POWER)

Robert Greene merumuskan dalam bukunya yang satu ini mengenai 48 hukum kekuasaan yang mesti diterapkan ketika bersosialisasi dan berorganisasi dengan orang lain. Hukum nomor 2 yang berbunyi “Jangan Terlalu Percaya Kepada Teman, Belajar Untuk Memanfaatkan Musuh” sangatlah relevan untuk digunakan di dunia yang kejam ini (terutama karena saya pernah mengalaminya sendiri).

6.    INFLUENCE: PSYCHOLOGY OF PERSUASION

Buku yang ditulis Robert Claldini ini, berisi mengenai taktik-taktik psikologi sehingga orang yang biasanya akan berkata “tidak” terhadap suatu hal berubah menjadi berkata “ya”. Robert Claldini bahkan sampai mengambil pekerjaan sebagai Sales mobil , penulis dan profesi-profesi lainnya untuk melihat apakah taktik yang dia gunakan bekerja atau tidak. Sangat disarankan untuk yang tertarik menggunakan prinsip-prinsip psikologi dalam profesi dan pekerjaan.




<SEBELUMNYA MEMORI DAN INGATAN                                      LANJUT KE ILMU STRATEGI>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar