Sabtu, 23 April 2016

11 Gerakan Tangan Yang Berakibat FATAL Apabila Dilakukan di Luar Negeri



Apakah ada di sini yang sebentar lagi ingin ke luar negeri atau bercita-cita ke luar negeri? Kalau ada yang sebentar lagi ke luar negeri saya doakan mudah-mudahan perjalanannya lancar, dan untuk yang bercita-cita ke luar negeri mudah-mudahan cita-citanya kesampaian nanti. Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan sebuah artikel mengenai 10 gerakan tangan yang “tabu” dilakukan ketika berkunjung ke luar negeri. Berikut kelima belas gerakan tangan tersebut.

1.         Menyatukan Ujung Telunjuk dan Ujung Jempol
Gerakan tangan yang satu ini, mungkin lumrah sebagai gerakan tangan “siip”atau “ok” di Indonesia, Eropa dan Amerika Utara. Tetapi apabila kalian bepergian ke negara-negara Mediterania, Rusia, Brazil dan Turki, maka jangan sekali-kali melakukan hal ini. Hal ini karena gerakan tangan seperti ini merupakan penghinaan yang sangat kasar. Sebagai contoh, Richard Nixon pada tahun 1950 melakukan pose ini saat di Brazil, dan dia langsung diteriaki oleh kumpulan orang-orang Brazil di sana.

2.         Tanda “V”
Robie Williams Menggunakan Tanda "V" Sebagai Penghinaan
Jika kalian sedang berlibur ke negara Inggris, Australia, New Zealand, Afrika Selatandan Malta, pastikan juga untuk menghindari gerakan tangan yang satu ini. Hal ini dikarenakan di negara-negara tersebut, gerakan tangan tersebut merupakan hinaan yang sebanding dengan mengacungkan jari tengah di Amerika.

3.         Tanda Pistol Mengarah Ke Atas
Jika kalian pergi liburan ke Jepang, maka hindari gerakan tangan seperti ini karena hal ini juga termasuk penghinaan.

4.         Angka “4”
Di Indonesia, gerakan tangan yang menunjukkan angka 4 ini mungkin adalah hal lumrah. Tapi jangan lakukan gerakan tangan ini di Jepang.

5.         Angka “5”
Jika anda pergi ke Turki dan Yunani, hindarilah gerakan tangan ini dikarenakan jika anda mengacungkan tangan dengan gerakan seperti ini, anda akan dianggap menghina.

6.         Mengacungkan Kelingking
Jika kalian pergi ke negara-negara Mediterania, pastikan kalian tidak melakukan gerakan tangan ini apalagi jika kalian sedang berbincang dengan seorang laki-laki. Jika kalian melakukan pose ini di depan laki-laki, maka ada kemungkinan kalau dia akan menghajar kalian.

7.         Gerakan “Metal”
Jangan pernah melakukan gerakan tangan ini apabila kalian berada di negara-negara Mediterania dan negara-negara latin seperti di Argentina, Brazil, Cuba dan Portugal. Gerakan ini merupakan tanda kalau istri mereka selingkuh dengan lelaki lain. Apabila kalian melakukan postur tangan ini di Italia, kalian mungkin akan masuk penjara.

8.         Gerakan “Peace”
Apabila kalian pergi ke Yunani, jangan pernah melakukan gerakan tangan ini.

9.         Gerakan “Telunjuk Mengacung”
Jangan mengacungkan jari telunjuk kalian seperti di atas di Amerika. Walaupun hal ini tidak dianggap terlalu kasar seperti jari tengah yang mengacung, di Amerika gerakan tangan ini tetap harus dihindari. Untungnya tidak ada yang tinggal di Romawi Kuno, karena kalau kalian tinggal di era Romawi Kuno kalian akan dipentung karena menggunakan gerakan tangan ini.

10.      Gerakan “Jempol”
Gerakan yang lumrah di Indonesia dan di Amerikaini, tidak boleh kalian lakukan selama di Australiakarena akan membuat mereka tersinggung. Kalau kalian melakukan postur ini sambil melakukan tusukan dengan jempol di Yunani, siap-siap saja berkelahi di jalan dengan orang tersebut. Jangan juga pakai gerakan ini di Bangladesh dan di sebagian negeri di Timur Tengah.

11.      Gerakan “Ayo Kemari”
Gerakan ayo kemari (menggunakan telunjuk) ini sangat merendahkan jika digunakan di negara-negara Asia. Jika gerakan ini digunakan saat kita pergi ke Filipina, kita bisa dimasukkan ke penjara.



Sumber: Definitive Book of Body Language karangan Allan & Barbarra Pease

Tidak ada komentar:

Posting Komentar