Selasa, 08 Maret 2016

STRATEGI MENGINGAT ULTRA EFEKTIF MENGGUNAKAN "MIND PALACE"



Hey guys, para pembaca detektifpedia yang setia! Maaf karena sebelumnya saya belum bisa mengurus blog akhir-akhir ini dikarenakan kesibukan saya. Namun, kali ini saya akan berusaha sebisa mungkin memberikan kemampuan penuh saya kepada pembaca setia detektifpedia. Hal ini supaya para membaca bisa mengambil berbagai ilmu-ilmu yang bermanfaat dari blog ini. Selamat menikmati!!
Sumber: http://shirtoid.com/wp-content/uploads/2014/01/mind-palace.jpg

Para pembaca blog ini tentu ada yang pernah membaca artikel-artikel sebelumnya mengenai seni dan sains memori. Saya mungkin agak terlalu kaku dalam menjelaskan artikel-artikel tersebut sebelumnya. Karena itulah, saya mungkin akan merevisi beberapa artikel tersebut sehingga para pembaca lebih mudah mencerna tulisan saya.

Pada kesempatan kali ini masih membahas tentang memori, saya akan menjelaskan mengenai cara untuk mengingat daftar benda. Mungkin para pembaca setia ada memiliki tugas khusus untuk berbelanja di rumah, namun malas membawa catatan belanjaan tersebut? Tidak perlu khawatir. Pada artikel ini saya akan menjelaskan mengenai cara untuk mengingat daftar belanjaan, tanpa perlu membuat pembaca menuliskannya lagi. 

Mari kita mulai dengan yang paling sederhana. Misal, kita memiliki daftar belanjaan tanpa spesifikasi jumlah khusus seperti pada daftar di bawah:

BAWANG
WORTEL
COKLAT
KECAP
BUKU GAMBAR

Sebenarnya ada 2 cara untuk mengingat daftar seperti ini. Yang pertama menggunakan mind palace (istana pikiran), yang kedua menggunakan metode rantai. Dalam artikel ini, saya akan menggunakan mind palace terlebih dahulu. Baru pada artikel selanjutnya saya akan menggunakan metode rantai. Berikut adalah langkah-langkah mengingat daftar belanja menggunakan mind palace:

Gunakan Lokasi Paling Familiar
Hal pertama yang mesti kita lakukan supaya kita bisa menggunakan istana pikiran adalah dengan menggunakan lokasi yang paling familiar di dalam pikiran kita. Lokasi tersebut bisa rumah kita, atau rumah nenek kita. Sudah terbayang mau memakai lokasi yang mana? Oke, kita lanjutkan ke tahap selanjutnya.

Bayangkan Diri Kita Berjalan di Lokasi Tersebut
Apabila kita sudah memutuskan untuk memakai lokasi yang mana, lakukanlah visualisasi terhadap tempat tersebut. Pejamkan mata! Memejamkan mata akan membuat visualisasi terasa jauh lebih nyata. Mari kita mulai. Bayangkan kita berada di depan rumah. Berjalanlah hingga ke beranda rumah. Bayangkan kita dicegat bawang raksasa yang mengawal pintu rumah sambil membawa tombak. Lalu kemudian supaya kita bisa masuk ke rumah tersebut, kita berkelahi dan bergumul dengan bawang raksasa. Ketika kita membayangkan bawang tersebut, kita mesti membayangkan tersebut secara jelas dan gamblang, tidak hanya secara visual namun juga aroma dan rasa dari bawang tersebut kita mesti membayangkannya. Dengan begitu, ingatan kita akan jadi lebih powerful dari pada hanya membayangkan bawang tergeletak di depan pintu.

Pakai 1 Ruangan Per Item
Pada langkah ini, kita akan memasuki ruang tamu setelah sebelumnya mengalahkan bawang. Bayangkan ketika memasuki ruang tamu  kita melewati sebuah wortel raksasa yang sedang menari ala tari aloha dengan rok terbuat dari rumput laut dan bikini terbuat dari batok kelapa. Lihat tingkah konyol wortel tersebut sembari melewatinya.
Memasuki ruang tengah (ruang keluarga), kita melihat sebatang coklat raksasa sedang menonton TV sambil duduk di atas sofa nyaman yang biasa kita duduki. Akibat panasnya ruangan, coklat tersebut meleleh dan membuat sofa kita berubah berwarna coklat.
Kemudian, kita masuk ke dapur. Di dapur, kita melihat botol kecap tergeletak di lantai. Ketika kita sentuh, ternyata botol tersebut menggandakan diri terus dan terus hingga jumlahnya mencapai ribuan. Kita kemudian berusaha bersusah payah keluar dari dapur.
Di pintu keluar dapur, kita kemudian menemukan buku gambar 1x2 meter dan memakainya untuk menggambar pengalaman kita tadi.

Sudah dilakukan semua tahapannya? Baik mari kita ingat daftar belanjaan tersebut..... Apa ingat semua? Kalau sudah ingat semua, selamat tahap pertama mengingat daftar belanja berhasil. Apabila kita sedang belanja, atau harus membawa barang-barang tertentu untuk hiking misalnya, cukup ingat langkah demi langkah atas apa yang kita lakukan tadi. Di artikel selanjutnya, kita akan mengingat daftar belanja dengan menggunakan metode rantai dan pada postingan selanjutnya, dengan spesifikasi JUMLAH yang lebih khusus dan rumit. Karena itu, STAY TUNE !!!

Sumber gambar: http://www.fluentin3months.com/wp-content/uploads/2015/04/memory-palace.jpg 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar