Kamis, 10 Maret 2016

STRATEGI MENGINGAT SUPER EFEKTIF MENGGUNAKAN "METODE RANTAI"



Sumber: yamaha-kaltim.co.id

Untuk pembaca setia detektifpedia, di artikel-artikel sebelumnya saya telah mengemukakan betapa bermanfaatnya seni-seni dan sains memori. Selain itu, saya juga telah banyak menulis berbagai metode-metode mengingat yang tentunya sangat bermanfaat apabila kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kesempatan yang luar biasa ini, saya akan melanjutkan artikel sebelumnya mengenai bagaimana cara mengingat daftar benda.


Sebelumnya, saya menuliskan artikel cara mengingat daftar belanjaan dengan menggunakan mind palace (istana pikiran). Pada artikel yang sekarang, saya akan menuliskan cara mengingat daftar belanjaan menggunakan metode rantai. Metode rantai ini, dikenal di luar negeri dengan sebutan link method. 

Mari kita ambil 5 buah benda yang ingin kita beli. Benda tersebut adalah:

KACAMATA
CD
SIKAT GIGI
JAM DINDING
PENSIL

Berbeda dengan mind palace, metode rantai dilakukan dengan melakukan substitusi aktivitas. Supaya lebih jelas mari kita praktekkan dan mulai pejamkan mata!

Langkah pertama, mari kita mulai dengan KACAMATA. Kacamata umumnya di pakai di mata. Karena itu, mari kita bayangkan memakai kacamata. Tetapi, bukannya memakai kaca mata, kita justru malah memakai CD di mata kita (kaitkan antara kacamata dan CD).

Langkah kedua, bayangkan setelah kita memakai CD di mata, kita ingin menyetel CD pada laptop kepunyaan kita, namun justru kita malah memasukkan SIKAT GIGI ke dalam laptop tersebut (kaitkan antara CD dan SIKAT GIGI)

Langkah ketiga, bayangkan setelah kita memasukkan SIKAT GIGI ke dalam laptop, kita ingin menyikat gigi ke kamar mandi. Entah kenapa, daripada menyikat gigi menggunakan SIKAT GIGI, kita justru malah menyikat gigi menggunakan JAM DINDING (kaitkan antara SIKAT GIGI dan JAM DINDING)

Langkah keempat, setelah kita menyikat gigi kita menggunakan JAM DINDING, bayangkan kalau kita ingin melihat jam berapa sekarang, namun bukannya melihat JAM DINDING, kita malah melihat pensil sebesar lengan berputar-putar di tempat dimana seharusnya jam dinding berada.

Bagaimana, sudah? Kalau sudah silahkan sebutkan benda tersebut satu persatu. Berhasil? Kalau berhasil selamat anda sudah bisa menghafal daftar belanjaan dan hanya tinggal mempraktekkannya. Bagaimana yang belum berhasil? Untuk yang belum berhasil, berarti imajinasi yang kita gunakan masih belum terstimulasi dengan baik. Coba bayangkan benda yang anda susah untuk mengingatnya tersebut dengan lebih rinci, besar (kalau bisa raksasa) dan absurd. Insya Allah, anda akan bisa mengingat daftar belanjaan ini. 

Oke, sudah bisa? Kalau sudah bisa silahkan sebutkan kembali benda tersebut! Sudah? Baik, ini hal yang paling menarik. Coba sebutkan benda tersebut dari yang paling akhir ke yang paling awal! Pasti ada yang heran, kok bisa saya mengahafalnya secara mundur? Hehe, inilah keunggulan metode rantai. Berbeda dengan mind palace, metode rantai bisa dilakukan sembari mengingat mundur. Bagaimana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar