Kamis, 31 Maret 2016

BERIKAN FAKTA SALAH, DAPATKAN FAKTA BENAR!

Saguru Hakuba
Pada artikel yang telah saya tulis sebelumnya (TEKNIK INTEROGASI “PAST TENSE”), saya telah menjelaskan mengenai salah satu cara melakukan pengorekan informasi secara verbal. Dengan menggunakan kalimat-kalimat lampau, maka kita dengan mudah akan memperoleh fakta yang benar. Nah, penggunaan kalimat lampau ini merupakan salah satu bentuk penggunaan fakta salah untuk memperoleh fakta benar. Dalam tulisan saya kali ini, saya akan menuliskan suatu strategi SOCIAL ENGINEERING dimana kita akan memanfaatkan sifat alami manusia yang senang membantah dan mengoreksi pendapat orang lain. Bagaimana cara kerjanya?


Saguru Hakuba (Kaito Kid yang menyamar) di dalam Detective Conan The Movie 10: Private Eyes Requiem menerapkan strategi ini untuk memperoleh informasi dari para anggota klub Crime Reaserch of Yokohama. Kalau kalian belum pernah menonton, atau tidak melihat adegan in ketika menonton film tersebut, maka silahkan tonton film tersebut sekali lagi karena dalam tulisan ini saya akan menggunakan dialog Saguru Hakuba sebagai contoh.
Adegan ini, dimulai ketika Edogawa Conan, Saguru Hakuba dan Hattori Heiji masuk ke dalam ruangan klub CRY. Mereka bertiga yang langsung masuk ke ruangan tersebut (saat itu ruangan kosong) dan langsung ditegur oleh anggota organisasi yang masuk kemudian. Untuk memudahkan, saya akan menggunakan bentuk percakapan dengan AL (Anggota laki-laki), AP (Anggota Perempuan), C (Conan), H (Hattori), S (Saguru Hakuba).
Saguru Hakuba dan Hattori Heiji

Anggota klub CRY laki-laki dan perempuan memasuki ruangan klub.
AL        : Eh kalian? Apa kalian memerlukan sesuatu?
H         : Eh, ini... kami...
S       : (Saguru memotong) Kami akan masuk ke Universitas ini tahun depan, jadi kami ingin melihat-lihat dulu.
AL        : Oh..
AP        : Jika kalian masuk ke sini, bergabunglah dengan klub kami!
S          : Ya, tentu saja.
C          : Kak, foto apa itu yang dipasang berjajar di atas?
AP        : Oh, itu foto dari para ketua klub yang disusun berurutan mulai dari kiri.
C     : Lalu, kenapa foto ketua klub yang ketiga diturunkan? (di sini Conan menggunakan deduksi)
AP&AL   : Heh? (heran)
C        : Coba lihat, ada paku yang terpasang di pinggir gambar terakhir, dan dari gambar yang ketiga hingga yang terakhir terlihat pada jeda antar dinding ada bekas dinding yang tersinari sinar matahari. Bukannya ini menandakan kalau kakak-kakak di sini menurunkan foto ketua klub ke-3 dan menggeser semua foto sisanya ke kiri, ya kan?
AL        : Dia dikeluarkan, presiden ke-3, Itoh-san.
S          : Ah, bukankan dia kalau tidak salah Itoh Jirou-san?
AL        : Ah, bukan namanya Itoh Suehiko-san
                Kau mengenalnya?
S          : Ya, sedikit. Kalau tidak salah, yang ini bukan orangnya?
                 (sambil menunjuk pada foto seseorang)
AP       : Bukan, tapi orang ini (sambil menunjuk orang yang disampingnya)

Di dalam percakapan di atas, Saguru Hakuba menggunakan fakta yang sudah pasti salah untuk mengorek keterangan yang tidak dia ketahui (lihat yang dicetak merah). Tanda yang bercetak biru, menunjukkan pengkoreksian dan bantahan yang dilakukan oleh anggota klub, yang tanpa disadari merupakan informasi penting dalam penyelidikan kasus tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar