Jumat, 10 Juli 2015

TIPS MEMBUAT SEMPROTAN MERICA ALA DETEKTIF



Para pembaca setia detektifpedia, di kesempatan kali ini saya akan mengemukakan mengenai cara untuk membuat semprotan merica. Apa itu semprotan merica? Pertama kali saya mendengar mengenai semprotan merica adalah ketika saya menonton di suatu stasiun TV mengenai kehidupan nyata  polisi Amerika. Ketika mereka mau menangkap penjahat, mereka menggunakan semprotan merica untuk melumpuhkan penjahat tersebut, apalagi kalau mereka melawan. 


Di era di mana penjahat banyak berkeliaran seperti sekarang, ilmu pembelaan diri sangatlah penting untuk dikuasai. Namun bagaimana kalau kita tidak bisa beladiri, atau tubuh kita terlalu lemah untuk mempelajari beladiri? Salah satu cara mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan memiliki senjata untuk melindungi diri. Di antara berbagai senjata untuk melindungi diri, maka yang paling mudah untuk dibuat adalah semprotan merica. 


Perlu diingat sebelumnya, kalau semprotan ini sangat berbahaya. Sekali kita terkena semprotan merica ini, maka selama setidaknya 45 menit – 1 jam kita tidak akan bisa melihat. Di beberapa kasus bahkan ada yang sampai sesak nafas. Maka dengan ini, SAYA MENYATAKAN KALAU SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP BERBAGAI LUKA PADA DIRI SENDIRI ATAU ORANG LAIN, BAIK ITU PADA PROSES PEMBUATAN, ATAUPUN SETELAH PROSES PEMBUATAN DILAKUKAN.

Untuk membuat semprotan merica, sediakanlah peralatan beserta bahan-bahan berikut:

  1.    Corong
      2.     250 ml Aseton/Pembersih Cat Kuku

      3.      Penyaring kopi/kertas saringan

      4.      Botol bekas parfum tipe penyemprot

      5.      3 buah gelas kecil

      6.      10 buah cabe rawit (semakin pedas semakin baik)

      7.      50 gr merica, jika ada merica hitam

      8.      Pewarna makanan (warna bebas)


CARA PEMBUATAN:


  1. 1.      Potong cacah cabe rawit hingga benar-benar hancur (cobek bisa digunakan). Pastikan cabe rawit benar-benar hancur, kalau bisa hingga tidak ada ampasnya lagi.

  1. 2.      Masukkan cacahan cabe rawit tersebut ke dalam gelas kecil, kemudian isi gelas kecil tersebut dengan menggunakan aseton hingga permukaannya tertutup. Hal ini bertujuan untuk menyaring capsaicin/kapsaikin dari cabe tersebut. Tutup bagian atas gelas tersebut dengan plastik supaya tidak menguap (bisa menggunakan plastik yang kemudian diikat dengan karet gelang). Letakkan di tempat yang dingin selama 24 jam, dan kocok selama 1 jam sekali.

  1. 3.      Setelah 24 jam, cabut plastik  dari gelas tersebut, dan tuangkan cairan di dalamnya ke dalam gelas lain. Gunakan saringan kopi (kertas saringan) dan corong di saat menuangkan cairan tersebut ke dalam gelas lain.

  1. 4.      Setelah berhasil di saring, letakkan gelas di tempat hangat, sehingga cairan aseton bisa menguap. Ketika cairan aseton seluruhnya menguap, maka yang tersisa di dalam gelas tersebut tinggal cairan lengket merah atau kristal kecil (inilah yang disebut kapsaikin). Cium cairan tersebut. Apabila masih bau aseton, biarkan selama 24 jam.

  1. 5.      Kali ini, lakukan langkah yang sama seperi yang dilakukan di atas, hanya saja, kali ini cabe diganti dengan menggunakan merica/merica hitam.

  1. 6.      Campurkan antara campuran cairan hasil ekstrasi aseton (cabe rawit dan merica hitam) dengan 20 ml air. Campurkan secara menyeluruh dan merata. Campurkan dengan pewarna makanan, sehingga warnanya bisa sesuai dengan keinginan kita. Masukkan cairan tersebut ke dalam botol penyemprot bekas parfum.

Berhati-hatilah menggunakan cairan ini, dikarenakan cairan ini dapat menyebabkan batuk, bersin, kebutaan sementara. Gunakan hanya untuk membela diri, jangan gunakan untuk kejahilan-kejahilan atau keusilan yang tidak bertanggung jawab.

Referensi: www.instructable.com

APABILA ANDA MEMILIKI PERTANYAAN, SILAHKAN KETIK PERTANYAAN ANDA DI KOLOM KOMENTAR. APABILA ARTIKEL INI BERMANFAAT, SILAHKAN ANDA BAGIKAN ARTIKEL INI KEPADA TEMAN-TEMAN ANDA :-)

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar