Jumat, 10 Juli 2015

CARA SEDERHANA MELATIH ANALISIS DEDUKTIF



Beberapa pembaca setia detektifpedia yang sering berkunjung ke web ini, pasti banyak yang ingin menguasai kemampuan analisis deduktif (lih.KEMAMPUAN DEDUKSI) layaknya Sherlock Holmes. Namun banyak yang bingung, bagaimana cara melatih kemampuan tersebut. Di kesempatan kali ini, saya akan mengemukakan berbagai latihan dasar sederhana yang bisa kita lakukan untuk melatih kemampuan deduksi kita, berikut adalah latihan-latihan tersebut.



1.Struk Belanja


Salah satu cara untuk memperbaiki kemampuan deduksi kita adalah dengan latihan menarik kesimpulan melalui perantaraan struk belanja. Latihan sederhana ini, secara drastis mampu meningkatkan kemampuan deduksi kita. Bagaimana cara melatihnya? Mudah sekali. Sebagai contoh, saya telah menyediakan gambar sebuah struk belanja di bawah. Silahkan tarik kesimpulan dari gambar tersebut!



2.Foto
Untuk yang kemana-mana sering membawa gadget dengan internet selalu aktif tentunya, dengan mudah kita bisa secara sembarangan mengambil sebuah foto yang tersebar di internet. Kemudian, lakukanlah pengamatan dari foto tersebut. Melalui pengamatan yang kita lakukan, tariklah kesimpulan. Bagaimana cara untuk mengecek kalau deduksi kita benar? Sangat mudah. Silahkan cek langsung ke alamat web asli yang merupakan sumber dari gambar tersebut.

3. Tempat Sampah
Tempat sampah merupakan sumber informasi pengumpulan data yang paling penting. Dari mulai pelaku rekayasa sosial (lih. SUBJEK SOCIAL ENGINEERING) hingga penyidik akan selalu membongkar tempat yang katanya bau ini. Untuk melatih kemampuan deduksi melalui media tempat sampah, silahkan coba latihan untuk menarik kesimpulan di saat kita biasanya membuang isinya. Para pembaca pasti akan terkejut ketika kita membuang tempat sampah, ternyata banyak sekali data yang bisa kita ambil.   
  
4. Kamar
Kita bisa menyimpulkan mengenai pribadi seseorang dengan melakukan pengamatan terhadap kamar orang tersebut. Dengan mengamati kamarnya, kita bisa menyimpulkan mengenai kehidupan pribadi sang pemilik, tingkat kebersihannya, tingkat kerapian dan bahkan gaya hidup orang tersebut.
  
5.Penampilan
Salah satu cara yang paling sering dilakukan untuk melatih kemampuan deduksi (mengacu pada novel populer Sherlock Holmes), adalah dengan mengamati penampilan seseorang. Dari mulai cara berpakaian, bentuk kuku, telapak tangan, lutut celana, pergelangan. Sebagai acuan, mulailah melakukan pengamatan sembari membawa catatan, lalu gunakan berbagai referensi untuk menyimpulkan hal yang telah kita catat.

APABILA ANDA MEMILIKI PERTANYAAN, SILAHKAN KETIK PERTANYAAN ANDA DI KOLOM KOMENTAR. APABILA ARTIKEL INI BERMANFAAT, SILAHKAN ANDA BAGIKAN ARTIKEL INI KEPADA TEMAN-TEMAN ANDA :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar