Senin, 13 April 2015

THE BLACK SWINDLER



Untuk para penggemar detektif kali ini, kali ini saya akan berusaha menjelaskan mengenai manga dewasa pemenang shogakukan manga award 2008. Di artikel sebelumnya (lih. KEJAHATAN YANG PALING SULIT DIBUKTIKAN), saya telah menyebutkan manga ini. Judul manga ini adalah The Black Swindler a.k.a Kurosagi. Manga yang satu ini, bahkan sudah di LA-kan (dijadikan Live Action), sayangnya saya tidak menemukan filmnya yang memakai subtitle bahasa Indonesia.

Manga ini dimulai dengan sebuah sinopsis, berikut sinopsisnya:

“Di dunia ini ada 3 jenis penipu: shirosagi (penipu putih), orang yang menipu dan menguras uang langsung dari korbannya, akasagi (penipu merah) mereka menggunakan lawan jenis sebagai umpan dan kemudian mempermainkan perasaan korbannya, dan kurosagi (penipu hitam), mereka tidak mencari korban, kecuali shirosagi dan akasagi, lalu mereka makan daging terbuat dari uang yang berasal dari korban-korban mereka tersebut, penipu terkuat”
Manga ini, bercerita mengenai kurosaki, seorang penipu hitam yang memakan penipu-penipu lainnya. Latar belakangnya sebagai korban penipuan (setelah ayahnya ditipu, ayahnya membunuh sisa keluarganya kemudian bunuh diri), memotivasinya untuk menjadi seorang kurosagi dan memakan semua penipu-penipu lainnya. 
Alur ceritanya sendiri sangat menarik, biasanya cerita dimulai ketika seorang korban penipuan yang sudah berputus asa akibat polisi dan orang-orang di sekitarnya tidak bisa membantunya, kemudian kurosaki menawarkan diri untuk mengembalikan uang dari korban tersebut, dan dia akan memperolehnya dengan menghancurkan penipu tersebut. 
Di dalam kasus lain, biasanya fixer sendiri yang akan memberitahunya mengenai akasagi dan shirosagi yang telah melanggar peraturan, lalu menggunakan kemampuannya dia menghukum penipu tersebut dan menyedot uang hasil tipuan ke dalam kantongnya sendiri.
Yang menarik dari manga ini adalah kemampuan dari kurosaki yang tahu berbagai peluang penipuan dan mekanisme-mekanismenya. Bahkan celah hukum, berbagai modus penipuan, penipuan berdasarkan naik turunnya mekanisme saham, hingga penipuan berdasarkan kepercayaan keagamaan.
Untuk yang ingin tahu berbagai mekanisme penipuan dan cara kerjanya (dengan tujuan untuk mencegahnya tentunya), saya merekomendasikan untuk membaca manga ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar