Minggu, 05 April 2015

MNEMONIC UJUNG BERIMA



Contoh mnemonic ujung berima dalam bahasa Inggris
Para penggemar detektif, sebelumnya saya telah menuliskan mengenai 3 metode mnemonic di bawah 

1.      Memory Palace
3.      Mnemonic Sistem Peg

Di kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan metode mnemonic ujung berima. Metode mnemonic ini, sangat mirip dengan Mnemonic Sistem Peg. Namun, secara umum yang membedakan antara metode ini dengan metode peg adalah faktor pemicu cara mengingatnya. Di dalam sistem peg, kita menggunakan bunyi huruf konsonan, di dalam sistem ini, kita menggunakan ujung rima setiap angka, dan melambangkannya dengan suatu benda yang memiliki ujung rima yang sama. Untuk lebih jelasnya lihat penomoran di bawah.


0 = odOL
1 = karTU atau baTU
2 = orang tUA
3 = TIGA
4 = ketuPAT
5 = deLIMA 
6 = sENAM
7 = baJU
8 = pAPAN
9 = mILAN
Dari penomoran di atas, tentunya para pembaca mengerti. Yang dicetak merah merupakan ujung rima dari angka-angka tersebut. (satu dan batu/kartu, dua dan orang tua, dll). Untuk yang nomor 3, dikarenakan saya membayangkan ultraman tiga, maka saya menggunakan pelafalan yang sama. Sama seperti pada peg, gunakan metode mnemonic link system untuk mengaitkan dan menghafal digit nomor. Namun, menurut saya pribadi, saya lebih menyukai sistem peg, dikarenakan sistem peg lebih fleksibel.  

APABILA ANDA MEMILIKI PERTANYAAN, SILAHKAN KETIK PERTANYAAN ANDA DI KOLOM KOMENTAR. APABILA ARTIKEL INI BERMANFAAT, SILAHKAN ANDA BAGIKAN ARTIKEL INI KEPADA TEMAN-TEMAN ANDA :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar