Jumat, 17 April 2015

MENGINGAT SEPERTI GAJAH


Teman-teman detektif, di postingan sebelumnya, saya telah menulis artikel tentang berbagai metode-metode mengingat praktis seperti pada link di bawah.

MNEMONIC LINK SYSTEM                   
                          

MIND PALACE      
                                                             





Di kesempatan kali ini, saya akan melakukan resensi  3 buah buku untuk pembaca setia detektifpedia. Judul buku dari kedua buku tersebut adalah yang pertama “MEMORIZING LIKE AN ELEPHANT” dan buku yang kedua berjudul “Memory Fun Everyday” dan “Mengingat Seperti Gajah”. Lho kok pake Bahasa Inggris? Jangan khawatir, walaupun 2 diantara 3 buku ini menggunakan judul berbahasa Inggris, tapi aslinya buku ini berbahasa Indonesia. Kalau para pembaca di sini mau mencari, silahkan cari buku ini di gramedia.

Buku “MEMORIZING LIKE AN ELEPHANT”, “Mengingat Seperti Gajah” dan buku “Memory Fun Everyday” dikarang oleh Yudi Lesmana, seorang Grandmaster Memory asal Indonesia (1 dari 149 Grandmaster di dunia) yang aktif di bidang memory sport. Konon katanya, untuk menjadi seorang Grandmaster di bidang ini, kita harus bisa mengingat 1000 digit angka acak dalam 1 jam. Nah, Yudi Lesmana ini merupakan salah satunya. 

Di dalam kedua bukunya tersebut, Yudi Lesmana membabarkan berbagai metode mengingat mudah yang akan membantu kita untuk mengingat berbagai peristiwa, hal yang sering kita lupakan, daftar belanja, dll. Beberapa artikel saya (link di atas) juga beliau bahas, walaupun dengan konsep yang berbeda. 

Secara umum Yudi Lesmana dalam bukunya menjelaskan kalau ada 3 hal yang membuat memori menjadi kuat: asosiasi, imajinasi dan lokasi. Menggunakan ke-3 hal di atas dengan bimbingan sang master dalam bukunya, kita bisa mengingat berbagai hal dengan mudah dan menyenangkan. Bahkan untuk pelajar yang kesusahan mengingat materi pelajaran, saya sarankan untuk membaca buku ini. 

Tidak hanya itu, buku ini juga mendapat rekomendasi dari tokoh-tokoh yang beberapa tentunya kita kenal. Sebagai contoh, Deddy Corbuzier, menyarankan kita untuk membaca buku ini. Selain itu, Tony Buzan (yang guru pasti tahu), pioneer penemu metode belajar mind map juga turut memberikan komentarnya terhadap buku ini. Jadi, saya sarankan kepada para pembaca setia detektifpedia yang ingin kemampuan mengingatnya meningkat secara drastis, silahkan untuk mempelajari buku ini, dengan sungguh-sungguh tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar