Rabu, 01 April 2015

Kebalikan Detektif




Apa lawan dari detektif? Jika kalian menjawab pertanyaan ini, mungkin akan terdapat macam-macam jawabannya. Saya yakin beberapa di sini yang mungkin akan menjawab kriminal, pembunuh, atau bahkan organisasi kejahatan. Tapi menurut pendapat saya, kesemua itu bukanlah lawan dari detektif. Lawan dari detektif adalah PESULAP!!


Kenapa saya menyimpulkan kalau pesulap merupakan lawan dari detektif? Simpel, pada dasarnya, pesulap adalah profesi di mana kita meramu berbagai trik dan tipuan untuk mengelabui penonton, sedangkan detektif adalah profesi dimana kita membongkar berbagai trik dan tipuan yang digunakan untuk mengelabui penonton (penonton di sini berkonotasi lebih luas). Jadi bisa dibayangkan kan, kenapa saya menyimpulkan kalau pesulap merupakan lawan dari detektif?
Simon Baker (Patrick Jane) dalam serial TV The Mentalist

Karena itulah, jika kita amati lebih jauh, kita akan menemukan banyak dari para pesulap justru memiliki berbagai teknik yang justru seharusnya seorang detektif miliki. Di beberapa film dan literatur fiksi misalnya, kita akan menemukan kalau beberapa tokoh utama cerita detektif adalah seorang pesulap. Sebagai contoh, Arsene Lupin (tokoh detektif pencuri karangan Maurice Le Blanc), Patrick Jane (tokoh utama serial The Mentalist) atau bahkan Kindaichi Hajime (Kindaichi Shounen no Jikenbo). 

Jadi, kalau begitu, apa poin dari penjelasan saya di atas? Maksud saya adalah, jika kita ingin mendalami ilmu kedetektifan secara sungguh-sungguh, maka kita juga mesti mendalami ilmu yang satu ini, bukan untuk dijadikan sebagai profesi, tetapi untuk dijadikan batu pijakan (jujur, saya tidak terlalu menyukai pesulap karena pada umumnya mereka adalah con artist dan pelit ilmu). Sebagai langkah awal, saya sarankan untuk mempelajari beberapa artikel di blog ini (link di bawah).


Selain itu, saya sarankan untuk membaca buku “13 Steps to Mentalism” karangan Tony Corrinda atau bahkan menonton DVD penjelasan dari buku tersebut yang dijelaskan oleh Richard Osterlind. Juga saya sarankan untuk menonton berbagai video sulap (saya sarankan mulai dengan melihat video Derren Brown di youtube) dan cobalah kembangkan kemampuan observasi kita dengan mencoba membongkar trik sulap dari video yang kita amati. Amati tiap detail aneh di video tersebut. 

APABILA ANDA MEMILIKI PERTANYAAN, SILAHKAN KETIK PERTANYAAN ANDA DI KOLOM KOMENTAR. APABILA ARTIKEL INI BERMANFAAT, SILAHKAN ANDA BAGIKAN ARTIKEL INI KEPADA TEMAN-TEMAN ANDA :-)

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar