Senin, 30 Maret 2015

Tips Mudah Mengingat Deretan Angka Menggunakan "PEG"




Setelah di postingan sebelumnya saya mencoba menjelaskan mengenai metode mnemonic yang terpampang di bawah:


di postingan kali ini, saya akan mengemukakan mengenai sistem mnemonic lainnya. Sistem ini dinamakan metode mnemonic sistem patok (peg system). Mungkin ada di antara pembaca yang ingin mengingat deretan angka namun susah untuk melakukannya? Maka mnemonic peg adalah jawabannya. Walaupun pada dasarnya sudah banyak di berbagai web dan berbagai blog lain yang membahas mengenai hal ini, tapi di kesempatan ini saya akan menjelaskan mengenai mnemonic ini yang telah saya susun sendiri dengan mengacu pada sistem memory yang diciptakan oleh Harry Lorrayne.



APA ITU MNEMONIC PEG?
Mnemonic system peg adalah sistem mnemonic yang digunakan dengan mengandalkan bunyi-bunyi huruf konsonan sebagai penanda suatu angka. Supaya mudah dan tidak menjadi rumit nantinya, metode ini memiliki aturan baku yang harus kita patuhi. Berikut adalah aturan tersebut:


  1. Seluruh huruf konsonan bebas dipakai pada angka 0-9, hanya saja saya membuat penomoran di bawah supaya lebih mudah dipakai oleh orang Indonesia
  2. Huruf h, y, dan w dianggap sebagai vokal.


Di bawah ini, merupakan peg yang telah saya susun sendiri dengan mengacu pada sistem mnemonic yang diciptakan Harry Lorrayne.
0 = s 
1 = T,d
2 = N
3 = m
4 = r
5 = L
6 = g,j
7 = k,c
8 = B
9 = P
HURUF KONSONAN YANG TELAH ADA, JADIKAN SEBAGAI KATA!

Pada langkah selanjutnya, ubahlah ke 9 huruf di dalam angka tersebut ke dalam suatu kata yang hanya memiliki 1 buah konsonan sesuai dengan huruf di atas. Pada tahap ini, huruf vokal mulai bisa digunakan (termasuk h, w dan y).
Ingat! Di dalam menggunakan mnemonic, kita haruslah memiliki imajinasi yang sangat jelas, warna yang cerah dan perluasan kelima indera yang digunakan semaksimal mungkin (seperti mnemonic lainnya). Maka dari itu, pilihan kata yang digunakan harus dipertimbangkan sebaik mungkin. Di bawah ini adalah susunan kata yang saya pilih.
0 = Sai,
1 = Tai
2 = Noah
3 = Mah
4 = Roh
5 = Lei
6 = Gua,Jahe
7 = Kayu,aCi
8 = Buah
9 = Po
Lihat kata-kata di atas! Pada dasarnya, kata apapun boleh dipakai sesuai dengan selera kita masing-masing. Walaupun penggunaan kata sifat dan kata kerja tidak dilarang dalam metode mnemonic ini, saya lebih memilih kata benda supaya saya bisa membayangkannya dengan jelas. Selain itu, saya memilih benda-benda yang memiliki kesan mendalam, baik itu bersifat menjijikan (tai), besar dan luas (Noah) dan imajinatif (Sai, Lei dan Po).
GUNAKAN MNEMONIC BERKAIT (LINK SYSTEM)!

Lalu bagaimana langkah selanjutnya? Di langkah selanjutnya, gunakan mnemonic sistem berkait untuk mengingat kata-kata tersebut di atas. kaitkan secara berurut antara 0 dan 1, 1 dan 2, 2 dan 3, dan seterusnya. Sebagai contoh, untuk mengaitkan antara 0 dan 1, saya membayangkan Sai di dalam anime Naruto, memotong-motong kotoran menggunakan pedangnya (0 dan 1). Kemudian, Kotoran (tai) tersebut melambaikan tangan dan mengucapkan selamat tinggal (dah, singkatan dari dadah). Ternyata, kotoran tersebut melambaikan tangan dari ujung kapal bahtera noah, selagi kapal tersebut meninggalkan pelabuhan (1 dan 2). Sementara bahtera Noah meninggalkan pelabuhan, entah kenapa kapal tersebut tiba-tiba tidak bisa bergerak. Ternyata, kita dapati kalau kekuatan super mama (mah) menarik kapal tersebut sehingga kapal raksasa tersebut tidak bisa bergerak (2 dan 3). Dan terus selanjutnya hingga angka 9. Untuk memudahkan metode ini, silahkan kuasai dulu berbagai metode mengingat di bawah

HAFAL HINGGA 100

Untuk bisa menggunakan metode ini secara utuh, ada baiknya kalau kita menghafal hingga angka 100. Supaya mudah, buatlah huruf dengan jumlah konsonan, sesuai dengan jumlah digitnya. Misalnya, untuk angka 10, terdiri atas huruf T (angka 1)dan S (angka 0). Dari angka tersebut, buatlah sebuah kata yang hanya memiliki kedua huruf konsonan tersebut (contoh: tas, tesy, atas, dll). Saya menggunakan tas sebagai lambang angka 10. Untuk angka 10 hingga 20 kita bisa lihat di bawah.
10 = TaS
11 = DoT
12 = TuNa
13 = ToM
14 = ThoR
15 = ToL
16 = ToGa
17 = ToKe
18 = TeBu
19 = ToPi
20 = NaSa

MANFAAT MNEMONIC PEG

Apa manfaat dari metode ini? Dengan menggunakan metode peg, kita bisa menggunakannya untuk mengingat plat nomor kendaraan, jadwal harian yang harus dilakukan secara berurutan, dan hal-hal lainnya. Ketika sudah agak mahir, latihlah kemampuan ini dengan melihat setiap nomor (di plank toko, atau nomor kendaraan yang melalui kita), lalu gunakan sistem berkait dan peg tersebut. Contoh, nomor PIN atm kita adalah 1392. 1=T, 3=M, 9=P, dan 2=N. Itu berarti apabila kita sambungkan menjadi TMPN. Buatlah 1 kata dari keempat huruf tersebut sesuai aturan di atas. Sebagai contoh, tampan atau tempayan. Gunakan imajinasi kita untuk membayangkan hal tersebut.  Ketika sudah ahli, kita akan mampu mengingat berpuluh-puluh digit nomor hanya dengan sekejap. Kombinasikan antara link system, peg system dan mind palace, maka kita akan mampu mengingat berbagai hal yang sangat bermanfaat dengan sekejap saja.

Asal teman-teman penggemar detektif tahu, Harry Lorrayne merupakan seorang figur legendaris di bidang seni ingatan. Metode-metodenya sangat mudah untuk diterapkan dan dipelajari. Tidak hanya itu, dia juga menciptakan berbagai metode-metode menghitung angka rumit secara simpel dan sering mempertunjukkan kemampuannya ini di depan umum. Jika para pembaca bisa berbahasa Inggris, ada baiknya silahkan untuk melihat dan mencari tahu mengenai berbagai info mengenai beliau ini di internet.

APABILA ANDA MEMILIKI PERTANYAAN, SILAHKAN KETIK PERTANYAAN ANDA DI KOLOM KOMENTAR. APABILA ARTIKEL INI BERMANFAAT, SILAHKAN ANDA BAGIKAN ARTIKEL INI KEPADA TEMAN-TEMAN ANDA :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar