Kamis, 05 Maret 2015

Cara Mudah Mengingat Menggunakan "Metode Rantai"


Nah, teman-teman penggemar detektif, kali ini saya akan membagi sebisa mungkin ilmu mengingat yang dikenal dengan sebutan metode mengingat link system. Metode mengingat Link System atau Metode Rantai adalah salah satu metode mengingat mnemonic yang dibuat berdasarkan penghubungan antara elemen-elemen dari daftar yang ingin kita ingat. Ketika melakukan metode mengingat sistem berkait, kita tidak hanya asosiasi antara elemen satu dengan elemen lainnya, tapi juga kita harus melakukan imajinasi[1].
Ketika kita melakukan imajinasi, maka imajinasi tersebut haruslah jelas, rinci, konyol dan berlebihan. Sebagai contoh, saya selaku penulis menuliskan 10 buah daftar barang untuk diingat. Berikut ini, adalah barang-barang tersebut: 


Kuda                              Sate
Televisi                           Bata
Sandal                            Sepatu
Bolpoin                          Telepon
Pedang                           Mesin Ketik



Nah, untuk memulai menggunakan metode mengingat sistem berkait ini, kita harus memulai dengan melakukan asosiasi antara elemen pertama dan elemen kedua. Elemen pertama adalah kuda, elemen kedua adalah televisi. Untuk mengingat kedua barang tersebut, kaitkan keduanya dengan cara yang imajinatif, konyol dan berlebihan. Sebagai contoh, untuk mengingatnya, saya akan membayangkan kuda, sedang duduk meringkuk di atas sofa sambil melhat tv (yang tentu saja merupakan imajinasi konyol). Lalu, kaitkan antara televisi dengan sandal. Saya akan membayangkan, televisi tiba-tiba mengangkat rok sehingga kakinya kelihatan memakai sandal swallow warna hijau. 
Kemudian selanjutnya, kaitkan antara sandal dengan bolpoin. Bayangkan kalau kita yang seharusnya memakai sandal sebagai alas kaki, justru malah menggunakan bolpoin sebagai alas kaki kita. Lalu, kaitkan antara bolpoin dan pedang. Saya membayangkan, diri saya sedang bermain pedang, tapi saya menggunakan pulpen sebesar betis kaki untuk
melakukan jurus pedang tersebut. Nah, untuk yang selanjutnya, silahkan gunakan imajinasi kalian, kaitkan antara barang satu dengan barang yang lainnya.
Keunggulan metode mnemonic sistem berkait, adalah jika kita menginginkan mengingat sesuatu secara berurut, maka kita bisa dengan mudah mengingatnya seperti urutan. Tidak hanya bisa melakukan metode mengingat tersebut secara maju (contoh: dari kuda ke mesin ketik), bahkan jika kita hanya melakukan sekali, kita bisa mengingat kembali daftar tersebut dengan urutan yang terbalik (dari mesin ketik ke kuda).
Dengan menggunakan sistem berkait, kita bisa mengingat kembali urutan daftar, misalnya daftar pekerjaan yang harus kita lakukan hari ini dengan mengaitkannya. Sebagai contoh, kita ingin ke dokter gigi, lalu ke bengkel, lalu kemudian kita harus ke toko elektronik. Maka bayangkan kita sedang menyikat gigi menggunakan sikat gigi raksasa, lalu kemudian, lakukan asosiasi antara sikat gigi raksasa dengan oli (melambangkan bengkel), misalnya kita menyikat gigi dengan menggunakan oli sebagai pasta giginya. Lalu kemudian asosiasikan antara oli dengan mesin cuci (melambangkan toko elektronik). Bayangkan, saat kita mencuci, kita yang seharusnya memasukkan deterjen, justru malah memasukkan oli ke dalam mesin cuci. Gunakan intuisi, apa yang kita ingat selintas saat kita mengingat kembali, merupakan barang atau daftar tempat yang harus kita kunjungi. Coba gabungkan, ilmu ini dengan metode memoy palace yang telah kita bangung sebelumnya.
SELAMAT MENCOBA
Keterangan:
[1] How to Develop a Super Power Memory, Harry Lorrayne

PABILA ANDA MEMILIKI PERTANYAAN, SILAHKAN KETIK PERTANYAAN ANDA DI KOLOM KOMENTAR. APABILA ARTIKEL INI BERMANFAAT, SILAHKAN ANDA BAGIKAN ARTIKEL INI KEPADA TEMAN-TEMAN ANDA :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar