Minggu, 01 Maret 2015

4 Tips Meningkatkan Daya Ingat ala Detektifpedia



Nah, para penggemar detektif untuk kali ini, saya akan mengemukakan bagaimana cara untuk memperbaiki kualitas ingatan kita. Bagi detektif, ingatan adalah hal yang sangat penting. Tentunya kita tidak mungkin setiap melakukan investigasi membawa catatan ke mana-mana. Bagaimana kalau nanti catatan kita hilang? Kan masih ada HP buat mencatat. Oke, masih ada HP. Bagaimana kalau semua alat tersebut mendadak hilang dan kita tidak bisa melakukan apapun untuk mengingat semua hal penting yang telah kita catat? Ingat, semua perkakas seperti buku catatan, PDA, ataupun I-Pad, semuanya akan meninggalkan kita di saat mereka hilang, tapi pikiran kita, tidak mungkin meninggalkan kita di saat kita membutuhkannya.



Nah, di bawah ini, saya akan berusaha memberikan tips-tips untuk memperbaiki ingatan kita secara signifikan. Berikut adalah hal-hal yang perlu kita lakukan. 




MENGULANG-ULANG HAFALAN

Walaupun hal ini sangat tradisional, tapi mengulang merupakan latihan yang sangat penting. Mengingat saya orang islam, saya akan memakai contoh dari kalangan islam itu sendiri. Imam Bukhari, terkenal akan kemampuannya mengingat hadits-hadits. Beliau ini menghafal kurang lebih 700 ribu buah hadits lengkap dengan matan (teks) dan sanad (jalur periwayatan).
Suatu hari, para ulama ingin mengetes kemampuan Imam Bukhari dalam hafalannya ini. Para ulama tersebut, kemudian mengetes beliau dengan memberikan 100 buah hadits dengan matan (teks) dan sanad (jalur periwayatan) yang tertukar-tukar. Setelah 100 buah hadits tersebut dibacakan oleh para ulama, beliau kemudian membacakan kembali hadits-hadits tersebut dengan matan dan sanad yang sebenarnya, dan bukan hanya itu, beliau bahkan melakukannya secara terurut! Keseratus hadits tersebut, beliau koreksi secara terurut dari awal hingga akhir tanpa kesalahan sedikitpun. Hal ini adalah contoh penting dari manfaat menghafal. Beberapa ulama dalam beberapa riwayat bahkan tercatat memiliki ingatan fotografis (photoghrapic memory) dan eidetic memory sehingga mereka tidak pernah melupakan apapun hal yang mereka lihat dan yang mereka dengar.

GUNAKAN KELIMA INDERA

Sangat penting kalau kita mau memperbaiki ingatan kita, dengan metode apapun itu baik yang tradisional ataupun modern, supaya menggunakan kelima indera kita secara maksimal sehingga kesan ingatan tersebut ke dalam otak akan semakin bermakna.
Sebagai contoh, kalau kita pelajar sma, dan kita sedang menghafal biologi, maka saya sarankan untuk menghafal materi yang kita hafalkan, lalu kemudian rekam ke dalam hp. Dengarkan selama 5 kali berturut-turut apa yang telah kita rekam, lalu kemudian sebutkan keras-keras apa yang telah kita rekam tersebut hingga benar. Apabila masih salah juga, coba ulang rekaman tersebut. Sebagai tambahan, lihatlah teks aslinya saat menghafal, maka dengan ini anda akan menghafal dengan menggunakan 2 indera sekaligus. Supaya efeknya lebih mendalam ke dalam memori otak kita, gunakan aroma tertentu selama kita menghafal. Misal, saat menghafal, kita menyimpan melati di dekat kita, dan memakan buah jerus asam saat menghafal. Menghafal seperti ini mungkin agak kelihatan bodoh dan tidak masuk akal, tapi sebenarnya, cara menghafal seperti ini sangat efektif. 

PAKAI KEMAMPUAN OBSERVASI

Kemampuan observasi (silahkan baca: 4 Hal Yang "Kudu" Diperhatikan Saat Melakukan Observasi) tidak hanya membantu kita dalam meningkatkan deduksi, namun juga membantu kita dalam meningkatkan ingatan. Harry Lorrayne, dalam bukunya “How to Develop a Super Power Memory”, mengungkapkan kalau meningkatkan ingatan  bisa dilakukan dengan cara melakukan pengamatan. Sebagai contoh, apabila kita masuk ke dalam bis, amati penumpang lain. Lihat wajahnya, amati, lalu kemudian pejamkan mata. Ingat-ingat kembali apa yang barusan kita lihat, lalu lihat kembali. Koreksi apa yang salah, lalu pejamkan mata kembali. Lakukan latihan ini seara berkala. Kita boleh mengamati hal lain, tidak hanya wajah. Misalnya tas, sepatu atau hal lainnya. Kemampuan ini akan meningkatkan kemampuan mengingat kita secara drastis.

GUNAKAN MNEMONIC

Mnemonic merupakan metode khusus menngingat yang telah ada sejak zaman Yunani Kuno. Metode ini sangat bermanfaat untuk membantu kita mengingat hal-hal penting. Diantara salah satu metode tersebut, telah saya sebutkan sebelumnya yaitu mind palace (silahkan baca: 11 Langkah Mengingat Menggunakan Mind Palace). Selain itu terdapat metode mnemonic lain seperti misalnya peg system dan link system
Mnemonic  memiliki karakteristik khusus, yaitu digunakannya imajinasi sehingga otak kanan dipergunakan secara maksimal. Imajinasi yang kita gunakan haruslah jelas, konyol, berlebihan dan tentunya imajinatif. Kadang apa yang kita bisa hafal dengan menggunakan metode tradisional dalam waktu 15 menit, bisa kita hafal menggunakan mnemonic hanya dalam 1 menit saja. 

Nah, teman teman para penggemar detektif, itulah metode-metode yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan ingatan kita. Akan sangat baik kalau kita bisa mempraktekkannya mulai sekarang.

APABILA ANDA MEMILIKI PERTANYAAN, SILAHKAN KETIK PERTANYAAN ANDA DI KOLOM KOMENTAR. APABILA ARTIKEL INI BERMANFAAT, SILAHKAN ANDA BAGIKAN ARTIKEL INI KEPADA TEMAN-TEMAN ANDA :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar