Rabu, 18 Februari 2015

6 Disiplin Ilmu Yang Harus Dipelajari Detektif


Nah untuk para penggemar detektif, di artikel sekarang saya akan membagi pengetahuan mengenai disiplin ilmu yang harus dan wajib dipelajari oleh seorang detektif, setelah di artikel sebelumnya, saya telah memaparkan pendapat saya mengenai kemampuan-kemampuan dasar yang harus dimiliki detektif. Di bawah ini, adalah disiplin-disiplin ilmu yang harus dipelajari dan lebih bagus dikuasai supaya memiliki kemampuan pendeteksi yang mumpuni.

       PSIKOLOGI
Sigmeund Freud, Bapak Psikologi Dunia
Psikologi (baca. PSIKOLOGI)adalah ilmu tentang tingkah laku manusia, baik itu diri sendiri ataupun orang lain. Mengingat seorang detektif harus berurusan dengan manusia setiap harinya (mau itu yang bernyawa ataupun bukan), kita harus menguasai atau setidaknya memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang hal ini. Lebih baik lagi, apabila kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, hal ini akan menjadi sangat bermanfaat. Diantara yang termasuk lingkup psikologi antara lain Social Engineering dan psikoanalisis.

2    FORENSIK
Kalau psikologi adalah ilmu mengenai tingkah laku manusia di saat mereka masih hidup, maka forensik adalah adalah ilmu mengenai tingkah laku manusia di saat mereka sudah tidak bernyawa (baca juga: FORENSIK), walaupun hal ini tidaklah mutlak. Sementara psikologi lebih bersifat mental, forensik lebih bersifat chemical process. Banyak sekali cabang forensik seperti misalnya thanathology, toxicology, dan cabang forensik lainnya. Mungkin lain waktu kita akan bahas satu persatu.

   ANATOMI

Anatomi tubuh manusia merupakan salah satu pengetahuan yang harus dipelajari detektif. Selain membantu dalam mempelajari forensik, ilmu ini juga membantu dalam membeladiri. Lho kok beladiri? Bener lho, beladiri! Kalau kita bisa membuat orang roboh hanya dengan menyerang titik-titik lemah pada tubuhnya, maka kita bisa menyelamatkan nyawa kita di saat genting, dan ilmu ini sangat krusial bagi seorang detektif. 

4     BELADIRI

Ilmu beladiri sangatlah penting bagi seorang detektif. Ada saat-saat di mana hidup kita berada dalam bahaya dan ilmu ini akan mampu menyelamatkan kita. Selain itu, beberapa cabang beladiri juga mempelajari kemampuan untuk meningkatkan indera-indera kita (yang mana sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan observasi), strategi, diplomasi, persenjataan dan kemampuan-kemampuan lainnya yang sangat bermanfaat bagi seorang detektif. 
       KRIPTOGRAFI

Kriptografi (baca juga: ILMU SANDI DAN KODE) adalah ilmu yang mempelajari tentang sandi dan kode. Ilmu ini sangatlah penting, mengingat sandera yang nyawanya terancam pasti akan mengirimkan tulisan-tulisannya melalui tulisan yang pastinya tidak boleh dimengerti oleh orang yang menyanderanya. Selan itu, biasanya ilmu yang satu ini bisa dipastikan sangat membantu dalam berbagai penyelidikan.
6   PENGETAHUAN PRAKTIS

Yang dimaksud pengetahuan praktis adalah ilmu pengetahuan yang tidak hanya bersifat teori namun juga bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pertolongan pertama terhadap orang yang keracunan sianida adalah dengan meminumkan pemutih kepada korban, atau apabila tersesat di hutan, kita bisa menggunakan jam tangan untuk menentukan arah, atau pengetahuan praktis lainnya. Sayangnya, sampai saat ini belum ada orang yang menjadikan pengetahuan praktis sebagai disiplin ilmu tersendiri. Padahal ilmu ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi detektif, namun juga bagi manusia pada umumnya.  


APABILA ANDA MEMILIKI PERTANYAAN, SILAHKAN KETIK PERTANYAAN ANDA DI KOLOM KOMENTAR. APABILA ARTIKEL INI BERMANFAAT, SILAHKAN ANDA BAGIKAN ARTIKEL INI KEPADA TEMAN-TEMAN ANDA :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar